Search
Generic filters
Exact matches only

10 rekomendasi film animasi terbaik Studio Ghibli

0
6 months ago

Studio Ghibli adalah sebuah studio film animasi yang berada di Tokyo, Jepang didirikan tahun 1985. Film-film Ghibli mengandung unsur provokatif, imajinatif, emosional dan telah mendapatkan banyak pujian dari karya-karya film yang telah dibuat. Berikut beberapa rekomendasi film animasi terbaik studio Ghibli yang harus ditonton.

1. Grave of the Fireflies (1988)

Sutradara : Isao Takahata

Berdasarkan : Grave of the Fireflies karya Akiyuki Nosaka

Pada masa Perang Dunia II, film ini berkisah tentang pemuda dan adik perempuannya yang berusaha untuk bertahan hidup setelah terjadi peristiwa pemboman Kobe City.

2. My Neighbor Totoro (1988)

Sutradara : Hayao Miyazaki

Mei dan Satsuki pindah ke rumah baru di pedesaan Jepang, agar lebih dekat dengan ibu mereka yang berada di rumah sakit. Di sana, mereka berteman dengan Totoro, makhluk raksasa seperti kelinci.

3. Kiki’s Delivery Service (1989)

Sutradara : Hayao Miyazaki

Berdasarkan : Kiki’s Delivery Service karya Eiko Kadono

Sebuah tradisi bagi semua penyihir muda yang baru beranjak 13 tahun untuk meninggalkan keluarga mereka saat malam bulan purnama dan pergi menjelajahi dunia untuk mengaplikasikan ilmu sihir mereka.

Saat malam tersebut datang bagi Kiki, ia memulai perjalanannya bersama kucing hitam kesayangannya Jiji, untuk menemukan lokasi yang tepat di sebuah kota yang berada cukup jauh. Di kota tersebut, Kiki bersahabat dengan seorang pemilik toko roti dan membantunya memulai sebuah usaha baru, yaitu jasa pengiriman barang melalui udara.

4. Ocean Waves (1993)

Sutradara : Tomomi Mochizuki

Berdasarkan : Ocean Waves, karya Saeko Himuro

Sebuah film animasi yang mengangkat tema tentang kisah cinta remaja (SMA), kisah cinta segitiga antara dua orang sahabat, Taku Morisaki dan Yutaka Matsuno kepada Rikako Muto.

5. Whisper of the Heart (1995)

Sutradara : Yoshifumi Kondo

Berdasarkan : Mimi o Sumaseba karya Aoi Hiiragi

Saat itu adalah libur musim panas terakhir Shizuku di bangku SMP. Sebagai seorang kutu buku yang sering mengunjungi perpustakaan, perjumpaannya dengan seekor kucing menuntunnya ke rumah Seiji Amasawa. Di situ, ia dikenalkan kepada kucing mistis yang mampu mengajarkannya melihat “permata tersembunyi” dalam hidup. Perjalanan Seiji dan Shizuku menuju kebahagiaan dipenuhi oleh berbagai macam tantangan yang harus dilewati. Ini adalah sebuah kisah menyentuh yang bercerita tentang bagaimana mereka mampu mengukir ruang kosong di hati masing-masing.

6. Spirited Away (2001)

Sutradara : Hayao Miyazaki

Kisah seorang gadis berumur 10 tahun bernama Chihiro dan kedua orangtuanya yang masuk ke sebuah tempat yang terlihat sebagai sebuah taman hiburan yang terabaikan. Setelah kedua orangtuanya berubah menjadi babi raksasa, Chihiro bertemu dengan sosok misterius Haku yang menjelaskan kepadanya bahwa tempat mereka berada adalah sebuah resort di mana makhluk supernatural beristirahat dari alam duniawi. Untuk dapat membebaskan kedua orangtuanya, Chihiro harus bekerja di sebuah bath house yang dikepalai oleh penyihir bernama Yubaba.

7. From Up on Poppy Hill (2011)

Sutradara : Goro Miyazaki

Berdasarkan : Kokuriko-zaka Kara, karya Chizuru Takahashi Tetsuro Sayama

Berlatar belakang di Yokohama tahun 1963, From Up On Poppy Hill adalah sebuah kisah cinta di mana karakter utamanya adalah siswa SMA yang akan menjadi generasi pertama dari Jepang yang baru. Seiring dengan memulihnya Jepang dari kehancuran yang dihadapinya akibat Perang Dunia II, generasi baru ini berjuang untuk melangkah maju ke depan menuju masa depan yang sejahtera namun dengan tidak meninggalkan masa lalu yang mengukir jati diri mereka.

8. The Wind Rises (2013)

Sutradara : Hayo Miyazaki

Berdasarkan : Manga Kaze Tachinu, karya Hayao Miyazaki

Jiro Horikoshi sudah punya mimpi untuk bisa terbang dengan pesawat buatannya sejak kecil, bahkan dia sering bermimpi terbang dengan pesawat buatannya. Sayangnya, karena dia menderita rabun, maka di dunia nyata, dia tidak mungkin menjadi seorang pilot dan menerbangkan pesawat.

9. The Tale of The Princess Kaguya (2013)

Sutradara : Isao Takahata

Berdasarkan : The Tale of the Bamboo Cutter

Ditemukan dalam batang bambu oleh seorang pemotong bambu dan istrinya, seorang gadis kecil tumbuh menjadi seorang gadis yang menawan. Putri muda yang misterius itu memukau semua yang memandangnya, namun ia harus menemui takdirnya, untuk menebus kejahatan yang ia lakukan.

10. When Marnie Was There (2014)

Sutradara : Hiromasa Yonebyashi

Berdasarkan : When Marnie Was There, karya Joan G. Robinson

Dikirim dari rumah yatim piatu di kota menuju sebuah kota kecil di pinggiran laut di Hokkaido, Anna bermimpi untuk dapat melarikan diri dari sekelilingnya. Ia percaya ia berada di luar lingkaran sihir tak terlihat yang merupakan bagian dari orang-orang, dan menutup dirinya dari semua orang yang berada di sekitarnya. Anna tidak pernah berharap untuk dapat bertemu teman seperti Marnie, yang tidak menilai Anna dari siapa dirinya. Seiring dengan Anna menyadari keindahan persahabatan barunya, ia pun juga mulai bertanya-tanya tentang teman barunya tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode