Search
Generic filters
Exact matches only

1001 Manfaat Daun Sirih

0
6 months ago

Sirih adalah tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat, bersandar, dan menumpang pada batang pohon lain. Dari zaman dahulu atau nenek moyang,  tanaman ini sudah diketahui bahwa memiliki banyak sekali manfaat dan khasiatnya. Daun dan buahnya biasa dikunyah bersama gambir, pinang, tembakau dan kapur. Di indoneisa, tanaman sirih terbagi menjadi dua jenis, perbedaan yang tampak jelas terdapat pada warna pada daunnya yaitu daun sirih merah dan sirih hijau. Walaupun terbagi menjadi dua jenis, namun fakta menyebutkan bahwa daun sirih merah sebenarnya memiliki kandungan yang tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan sirih hijau. Hanya saja sirih merah masih diperkaya dengan flavonoid. Daun sirih dikenal kaya akan sifat anti-septik, anti-inflamasi, saponin, tannin, eugenol, dan berbagai jenis minyak esensial dan vitamin kulit. Di dunia kesehatan, tanaman ini sudah sangat terkenal khasiatnya dan seringkali dijadikan obat (baik obat tradisional maupun modern). Karena itulah banyak sekali yang membudidayakan tananan sirih, mulai dari skala  yang kecil yaitu dirumah-rumah hingga skala yang besar yaitu perkebunan sirih.

Pemanfaatan tanaman dikategorikan menjadi dua, yaitu pemanfaatan untuk luar tubuh dan pemanfaatan untuk dalam tubuh. Untuk dalam tubuh biasanya daun sirih direbus dengan air tawar yang mendidih (seperti dijadikan teh, yang membedakan adalah daun sirih tidak perlu dijemur kering seprti daun teh). Beberapa manfaat dari rebusan air sirih adalah untuk pengobatan tukak lambung karena daun sirih mengandung kandungan vitamin C serta zat anti-septiknya mampu melawan kuman yang menyebabkan tukak lambung, mengurangi bau badan karena mengandung estradiol dan klavikula dalam sirih akan mengontrol produksi hormon dan kelenjar keringat, mengobati disfungsi ereksi pada pria karena rebusan air sirih bisa melebarkan pembuluh darah di alat vital serta bermanfaat sebagai anti depresan,  obat tekanan darah tinggi, mengatasi bau mulut, mengobati gangguan pencernaan, obat bronchitis pada paru-paru, dan yang paling tidak disangka adalah daun rebusan sirih dapat melawan berbagai jenis kanker pada manusia. Pasalnya, manfaat daun sirih adalah sebagai obat anti-kanker dan tumor karena dengan mengunyah daun sirih diketahui mampu mencegah dan mengatasi kanker (kanker sumsum tulang) dan juga mengobati tumor karena Senyawa antioksidan, flavonoid, dan terpenoid yang ada di sirih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan meningkat, maka sel-sel darah putih tubuh akan dapat menghancurkan zat-zat karsinogenik atau tumor berbahaya dari tubuh.

Untuk pengobatan dari luar, biasanya daun sirih dijadikan minyak terlebih dahulu. Nama minyak tersebut adalah minyak atsiri. Minyak ini mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Beberapa manfaat dari minyak ini adalah Mengurangi atau meredakan luka bakar ringan karena mengandung Alkaloid, antioksidan, dan vitamin C pada sirih yang dapat membantu meredakan peradangan di area kulit yang terbakar, mengobati payudara bengkak setelah menyusui karena mengandung senyawa allylprokatecol dan carvacrol akan membantu meregangkan otot-otot payudara yang meradang, meredakan mimisan, eksem, luka bakar, sakit mata, perdarahan gusi dan dapat menghilangkan beerapa penyakit kulit seperti gatal, koreng (pyodermi), kurap kaki, dan bisul. Itulah beberapa manfaat dari daun sirih (baik diluar maupun dalam tubuh). Apakah kalian ingin menanam daun sirih di perkarangan rumah kalian juga?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode