Search
Generic filters
Exact matches only

3 Olahraga yang Cocok untuk Kalian yang Bertubuh Gemuk!

0
6 months ago

Orang yang bertubuh gemuk akan rentan terkena berbagai resiko penyakit. Penyakit-penyakit seperti stroke, diabetes, darah tinggi, komplikasi serangan jantung, kanker, hingga osteoporosis akan selalu mengintai orang-orang yang bertubuh gemuk.

Kalian yang bertubuh gemuk harus lebih memerhatikan pola makan kalian. Diet adalah cara yang dipakai banyak orang untuk mengurangi berat badan. Tapi, terkadang melakukan diet juga tidak memberikan pengaruh yang signifikan. Hal ini dikarenakan saat kalian melakukan diet, harus juga dibarengi dengan berolahraga secara teratur.

Kalian yang bertubuh gemuk juga tidak boleh sembarangan berolahraga. Kalian harus memilih olahraga yang sesuai dengan kemampuan dan kondisi tubuh kalian. Jika sembarang memilih olahraga, justru malah akan membuat tubuh kalian cedera.

Ada 3 olahraga nih yang cocok untuk kalian yang bertubuh gemuk, yuk disimak!

  1. Jogging atau jalan cepat.

Orang yang bertubuh gemuk akan cocok jika melakukan olahraga low-impact. Olahraga low impact itu sendiri merupakan olahraga yang gerakan kedua kakinya atau salah satu kakinya masih menempel di lantai sepanjang sesi olahraga.

Salah satu olahraga low-impact adalah jogging atau jalan cepat. Jogging atau berjalan cepat menjadi solusi buat kalian yang bertubuh gemuk yang sulit saat berlari. Kalian bisa membakar kalori kalian sebanyak 180 kalori saat kalian melakukan jogging selama setengah jam. Jika jogging masih terlalu berat, kalian bisa menggantinya dengan berjalan cepat.

Agar lebih maksimal dalam menurunkan berat badan, usahakan kalian lakukan olahraga ini secara rutin minimal 3 kali seminggu.

  1. Berenang

Berenang juga merupakan olahraga low-impact yang aman untuk kalian yang bertubuh gemuk. Berenang menggunakan semua otot utama Anda seperti punggung, pundak, dan perut agar bisa meluncur di dalam air. Bergerak di dalam air membutuhkan banyak usaha karena adanya tekanan. Namun, berkat air yang dingin, Anda tidak akan merasa cepat lelah atau lengket karena berkeringat.

Karena kalian menggunakan semua otot utama kalian dan kalian tidak akan merasa cepat lelah, berenang sangat efektif untuk membakar banyak kalori yang ada di tubuh kalian.

Selain itu, berenang juga dapat memperbaiki masalah pernapasan yang umumnya juga dialami oleh kalian yang bertubuh gemuk.

Jika kalian tidak bisa berenang, juga bisa menggantinya dengan berjalan di dasar air. Meski sama seperti berjalan kaki di darat, berjalan di air sedikit banyak bisa membantu kalian dalam mengurangi beban berat akibat bobot tubuh yang diatas rata-rata.

  1. Bersepeda

Olahraga yang terakhir yang cocok untuk kalian yang bertubuh gemuk adalah bersepeda. Selain dapat membakar banyak kalori, bersepeda juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mengatur berat badan kalian.

Untuk tahap awal, kalian bisa bersepeda selama 5 sampai 10 menit. Setelah selesai, kalian bisa beristirahat sebentar, lalu setelah itu kembali bersepeda. Lakukan hal itu secara terus menerus dan konsisten.

Jika kalian merasa lebih nyaman untuk berolahraga di rumah, kalian bisa menggunakan sepeda statis daripada sepeda biasa.

Itulah tadi olahrag-olahrag yang cocok untuk kalian yang bertubuh gemuk. Sebenarnya melakukan olahraga apapun tidak jadi masalah, asal kalian rutin dan konsisten dalam berolahraga dan juga memilih olahraga yang sesuai dengan kemampuan dan kondisi tubuh kalian. Jangan lupa juga untuk menjaga pola makan kalian. Jika kalian konsisten dalam melakukan kedua kal tersebut, bukan tidak mungkin berat badan kalian akan cepat turun.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode