Search
Generic filters
Exact matches only

4 Kesalahan Fatal Pemula saat Ngegym

0
7 months ago

Banyak orang yang mengeluh dan komplain, udah sering latihan di gym tapi belum mendapatkan otot tubuh sesuai yang mereka inginkan. Mungkin sebagian dari kalian yang suka latihan di gym pernah ngeluh seperti ini juga. Hal ini dikarenakan kesalahan-kesalahan yang sering kalian lakukan saat kalian latihan di gym. Biasanya kesalahan-kesalahan ini dilakukan oleh pemula.

Nah, penasaran nggak nih apa aja kesalahan yang biasa kalian lakukan sebagai pemula? Yuk, langsung aja cek penjelasan di bawah ini!

  1. Mencoba semua alat yang ada di gym

Nah, ini kesalahan pertama saat kalian masuk ke gym nih. Saat kalian hari pertama ke gym, kalian nyobain semua alat yang ada di gym dengan harapan kalian dapat membentuk otot tubuh kalian dengan cepat dan akhirnya hasilnya tidak ada sama sekali. Padahal sebenarnya hal itu tidak boleh dilakukan. Otot itu dilatih harus satu per satu. Jadi simpelnya gini, misalnya, otot dada harus dilakukan seminggu sekali atau dua kali. Melatih otot besar seperti bahu, dada, punggung tidak boleh boleh digabung sekaligus. Harus satu-satu. Latihan otot kecil seperti lengan, perut, dan kaki bisa digabung dengan otot besar tadi. Jika kalian latihan semuanya sekaligus dalam sehari cuman akan bikin kalian capek tanpa ada hasil sama sekali.

  1. Latihan kelamaan

Latihan terlalu juga tidak baik lho. Kalau kalian latihan lebih dari 2 jam itu kemungkinan kalian tidak serius atau beban yang kalian gunakan terlalu ringan. Latihan lah maksimal 45 menit sampai dengan 1 setengah jam dan gunakan beban sesuai dengan kemampuan kalian, jangan terlalu ringan dan jangan terlalu berat bange. Kalau kalian gunakan beban terlalu berat yang tidak kalian mampu, justru malah akan merusak otot kalian.

  1. Kebanyakan latihan kardio

Latihan kardio memang penting juga buat tubuh kalian. Kardio bisa menguatkan jantung kalian. Tapi, biasanya para pemula saat pertama kali ke gym yang mereka lihat pertama adalah mesin kardio dulu karena paling gampang, dan akhirnya mereka terus melakukan kardio dan malah jadi kebanyakan latihan kardio. Kardio memang membakar lemak juga, tapi kardio juga membakar otot kalian. Tujuan kalian yang diawal ingin membentuk otot menjadi tidak bisa karena ototnya sudah hancur terbakar karena kebanyakan kardio. Jika kalian ingin latihan kardio, latihan lah setelah kalian angkat beban. Jangan terlalu lama saat kalian latihan kardio, 15-30 menit aja.

  1. Kebanyakan Selfie

Nah ini yang terakhir dan sering banget dan banyak dilakukan sama kalian para pemula saat ngegym, kebanyakan selfie! Saat kalian datang ke gym untuk latihan membentuk otot kalian, usahakan kalian serius, fokus, dan konsisten dalam melakukannya. Jangan malah sedikit-sedikit selfie. Baru latihan sebentar, eh malah selfie. Latihan lagi, selfie lagi. Fokuslah pada tujuan pertama kalian datang ke gym. Jangan terlalu banyak selfie!

Itu tadi lah kesalahan-kesalahan yang banyak dilakukan oleh para pemula saat ngegym. Oiya, sebelum kalian berangkat untuk latihan angkat beban di gym, jangan lupa untuk sarapan dulu ya! Karena makanan yang kita makan saat sarapan itu mengandung gula yang menjadi kita saat melakukan angkat beban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode