Search
Generic filters
Exact matches only

4 Mantan Pesepakbola Top yang Sukses saat Jadi Pemain dan Jadi Pelatih

0
8 months ago

Sebagian besar pemain sepakbola profesional biasanya akan mengambil kursus kepelatihan untuk mendapatkan lisensi sebagai pelatih profesional selepas mereka pensiun. Tapi, tidak semua mantan pemain tersebut sukses saat melatih klub-klub yang mereka latih. Walaupun begitu, banyak juga para pemarin yang sukses banget saat mereka menjadi pelatih. Bahkan ada yang sangat sukses sampai mendapatkan status legenda baik saat jadi pemain maupun saat jadi pelatih.

Inilah mantan pemain bintang yang sukses saat menjadi pemain serta jadi pelatih!

  1. Johan Cruyff

Para penggemar sepakbola pasti semua udah satu suara kalau udah ngebahas Johan Cruyff. Tak hanya sukses dan menjadi bintang saat menjadi pemain, Johan Cruyff juga sukses saat menjadi pelatih. Boleh dikatakan kalau Cruyff ini sosok yang jenius saat menjadi pelatih. Dia lah orang dibalik terciptanya filosofi sepakbola total football yang ada pada permainan timnas Belanda, yang jadi cikal bakal filosofi Tiki Taka yang ada pada permainan klub FC Barcelona. Cruyff ini merupakan sosok legenda baik saat menjadi pemain maupun jadi pelatih

Semasa menjadi pemain dulu, Cruyff telah banyak meraih berbagai trofi bergengsi, diantaranya adalah 8x gelar Eredivisie, 5x KNVB Cup, 3x Champion League, dan sekali Intercontinental Cup saat bersama Ajax. Cruyff juga pernah masing-masing sekali memenangkan La Liga dan Copa del Rey saat bermain bersama Barcelona. Cruyff juga sempat membela Feyenoord dan memenangkan Eredivisie sekali dan KNVB Cup sekali.

Saat jadi pelatih, Cruyff sukses banget saat melatih Barcelona dengan meraih 11 gelar juara. Cruyff juga sempat melatih Ajax dan meraih 3 gelar juara.

  1. Pep Guadiola

Pemain bintang selanjutnya yang sukses saat menjadi pemain dan pelatih adalah Pep Guardiola. Pria berkebangsaan Spanyol ini adalah sosok yang sukses banget bertranformasi dari pemain menjadi pealtih. Guardiola hampir tidak pernah meraih kegagalan di tiap klub yang dia latih. Guardiola adalah garansi sebuah klub pasti akan mendapatkan trofi.

Semasa menjadi pemain, Guardiola sukses meraih 6x juara La Liga, 2x juara Copa del Rey, 4x juara Super Spanyol, 1x juara Champion League, 1x juara UEFA Cup Winners, dan 2x juara UEFA Super Cup saat membela FC Barcelona.

Sementara saat menjadi pelatih, Guardiola sukses meraih total 14 gelar juara saat melatih FC Barcelona, 7 gelar juara saat melatih Bayern Munich, dan 8 gelar juara saat melatih Manchester City.

  1. Carlo Ancelotti

Don Carlo adalah mantan pemain bintang lainnya yang sukses saat menjadi pemain maupun saat menjadi pelatih. Ancelotti, yang semasa bermain mengisi sektor gelandang ini sukses saat membela AS Roma dan juga AC milan.

Di Roma, Ancelotti sukses meraih 1x juara Serie A, dan 4x juara Coppa Italia. Di Milan Ancelotti lebih sukses lagi. Dia meraih total 7 gelar berasama Milan diantaranya 2x Serie A, sekali Supercoppa Italiana, 2x Champion League, sekali UEFA Super Cup, dan sekali Intercontinental Cup.

Carlo Ancelotti telah melatih di beberapa klub top Eropa. Tapi dia hanya sukses meraih gelar di Juventus, AC Milan, Chelsea, Paris Saint-Germain, Real Madrid, dan Bayern Munich. Di Juventus dia meraih 1 gelar juara. Saat melatih milan dia total meraih 8 gelar juara. Di Chelsea dia meraih 3 gelar juara. Di Paris Saint-Germain dia sekali meraih gelar juara. Di Real Madrid Ancelotti total meraih 4 gelar juara, dan di Bayern Munich dia meraih 3 gelar juara.

  1. Kenny Dalglish

Mantan pemain top terakhir adalah Kenny Dalglish. Para penggemar liverpool era 70an hingga 90an pasti familiar dengan sosok berjuluk King Kenny ini. Betapa tidak, Kenny sukses menjadi legenda baik saat menjadi pemain maupun jadi pelatih. Sukses besar Kenny adalah saat dia menjadi pemain Liverpool dan pelatih Liverpool. Bahkan pada periode musim 1985 sampai dengan 1990 dia menjadi pemain merangkap pelatih dan sukses meraih 3x gelar liga Inggris. Pemain bergelar Sir ini bahkan namanya dijadikan salah satu nama tribun di Stadion Anfield sebagai penghormatan atas jasa-jasanya.

Saat menjadi pemain, Kenny Dalglish sukses meraih 4x gelar juara liga Skotlandia, 4x juara Scottish Cup, dan sekali juara Scottish League Cup bersama Celtic. Saat membela Liverpool dia lebih sukses lagi, Dalglish meraih 6 juara liga Inggris, sekali FA Cup, 4x juara piala liga, 4x juara Charity Shield, 3x juara liga champion, dan sekali juara UEFA Super Cup.

Saat melatih, King Kenny total meraih total 10 gelar juara di periode pertamanya melatih Liverpool, dan sekali gelar juara di periode keduanya melatih Liverpool. Kenny juga sempat meraih sekali juara liga inggris saat melatih Blackburn Rovers. Saat melatih Celtic, Kenny meraih sekali gelar juara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode