Search
Generic filters
Exact matches only

Alasan-Alasan Mengapa Berat Badan Tidak Turun Padahal Sudah Diet dan Berolahraga

0
6 months ago

Berolahraga merupakan salah satu cara terbaik untuk kalian yang ingin menurunkan berat badan dan memiliki badan yang ideal. Akan tetapi masih banyak sebagian orang yang mengeluh kalau olahraga yang mereka lakukan justru tidak memberikan dampak yang signifikan, bahkan mereka sudah melakukan olahraga-olahraga berat.

Nah, kalian yang sedang diet pernah juga nggak nih mengalami hal yang sama?

Jadi, kalian tidak cukup hanya melakukan olahraga untuk menurunkan berat badan kalian. Agar proses dalam menurunkan berat badan tersebut maksimal, kalian juga harus mengimbanginya dengan melakukan diet dan menjaga pola makan kalian. Asupan makan selama proses kalian melakukan diet dan berolahraga harus kalian perhatikan.

Kalian harus memperhatikan kalori defisit yang masuk dan kalori yang kalian keluarkan. Kalori defisit adalah saat kalian mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori atau energi lebih sedikit dari tubuh yang kalian butuhkan sehingga tubuh kalian akan menggunakan lemak sebagai cadangan energi.

Cara menghitung kalori defisit cukup gampang. Rumusnya adalah “Berat Badan dikali 25 (BB x 25)”. Jadi misalnya berat badan kalian adalah 65 kg, nah terus 65 dikali 25, hasilnya 1625. Nah, jadi kalian tidak boleh makan makanan yang mengandung kalori lebih dari 1625.

Jangan juga kalori defisit yang kalian lakukan terlalu berlebihan. Hal itu justru malah akan membuat berat badan kalian tidak turun dan bahkan cenderung tetap dan bertambah! Selain itu kalian juga akan cepat lelah saat kalian melakukan diet sambil berolahraga. Kenapa bisa begitu? Hal ini dikarenakan tubuh kalian kekurangan energi sehingga tubuh kalian justru malah menggunakan massa otot sebagai energi. Kalau sudah begitu, metabolisme kalian justru akan melambat dan berat badan kalian akan susah turun.

Untuk kalian yang perempuan, jangan melakukan diet dibawah 800 kalori, dan untuk kalian yang laki-laki jangan melakukan diet dibawah 1500 kalori.

Walaupun kalian sudah memerhatikan kalori defisit, kalian juga harus memerhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh kalian. Kurangi makanan dan minuman yang mengandung lemak dan manis-manisan. Kalian harus mengurangi makanan-makanan seperti cokelat, permen, gorengan, junkfood, dan lain sebagainya.

Selain itu, kalian juga harus menjaga pola tidur kalian. Karena lemak itu akan terbakar dari pernapasan yang paling banyak terjadi saat kalian tidur. Usahakan tidur minimal 6-8 jam sehari dan jangan pernah begadang!

Berolahraga sudah, memerhatikan kalori yang masuk dan keluar sudah, menjaga pola makan sudah, menjaga pola tidur juga sudah. Tapi, kok berat badan malah tetap dan tidak turun sama sekali?

Nah, untuk hal tersebut kalian tidak perlu khawatir! Karena bisa saja justru itu karena saat kalian melakukan diet sambil rutin berolahraga, ada kemungkinan massa otot tubuh kalian jadi bertambah, apalagi jika olahraga yang kalian lakukan angkat beban. Walaupun berat badan kalian tetap, tapi bentuk tubuh kalian justru akan lebih kecil dan lebih ramping. Meskipun badan yang terisi banyak lemak dan terisi otot memiliki berat yang sama, tapi bentuknya justru memiliki perbedaan.

Jadi, kalian tidak perlu khawatir karena justru diet yang kalian lakukan berhasil sekaligus kalian juga mendapatkan bentuk tubuh yang ideal!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode