Search
Generic filters
Exact matches only

Alasan Banyak Yang Menyukai Tanaman Kaktus

0
6 months ago

Kaktus adalah tanaman yang dikenal mampu beradaptasi di iklim panas yaitu daerah gurun dengan curah hujan amat minim. Bentuknya yang lucu dan perawatannya yang sangat mudah membuat tanaman ini sangatlah populer. Tak heran jika tanaman ini memiliki banyak penggemar dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak bahkan sampai lansia. Berikut beberapa alasan mengapa tanaman ini sangat disukai oleh banyak orang

1) Kaktus memiliki bentuk yang sangat lucu dan unik, karena dipenuhi duri di seluruh tubuhnya. Salah satu fitur paling mengesankan dari kaktus adalah bahwa tanaman ini mampu berfungsi sebagai reservoir air alami. Cairan yang tersimpan di tubuh kaktus tidak seperti air, tapi tampak seperti cairan kental yang aman dikonsumsi manusia

2) Tidak takut apabila dimakan Hewan liar/peliharaan. Tanaman ini memiliki daun yang sangat khas, daun pada kaktus dikenal memiliki duri yang tak lain adalah daunnya. Daun kaktus tumbuh dari struktur khusus yang disebut areola. Ukuran duri bervariasi dari spesies ke spesies dan bisa mencapai panjang 15 cm. Bentuk dan ukuran daun yang kecil akan mencegah penguapan air berlebih. Sebagian duri kaktus bahkan berwarna terang yang membantu mereka memantulkan sinar matahari sehingga tanaman tetap dingin. Fungsi lain dari duri adalah untuk melindungi diri mereka dari burung dan hewan yang ingin mendapatkan air dari kaktus.

3) Perawatannya sangatlah mudah. tanaman yang termasuk dalam keluarga Cactaceae dan memiliki lebih dari 2000 varietas dengan berbagai warna dan bentuk ini dikenal sebagai tanaman sukulen. Hal ini karena bagian tubuhnya seperti batang, akar, dan daun mampu menyimpan air untuk bertahan hidup dalam kondisi kekeringan. Bagian tubuh kaktus memiliki jaringan spons tebal berdaging yang bisa menahan air yang diperoleh saat turun hujan. Batang kaktus juga dilapisi dengan zat lilin yang dapat mencegah penguapan air. Sehingga kalian hanya perlu menyiram tanaman ini 1x dalam 3 hari dengan jumlah kadar air yang sedikit.

4) Tidak perlu takut tanaman ini roboh. Kaktus memiliki sistem akar rumit dan kuat yang memungkinkan mereka menyerap air dan menancap kuat di tanah. Anehnya, bahkan tanaman kaktus berukuran kecil memiliki akar besar. Akar tanaman ini tidak terlalu dalam menghujam dengan seringnya tidak lebih dari 10 cm tertanam di bawah permukaan tanah. Namun, akar kaktus sering menyebar ke sekeliling hingga meliputi diameter 2 meter. Fungsi akar adalah untuk menahan tanaman sekaligus untuk memperoleh air dan mineral secara maksimal.

5) Harga yang sangat terjangkau dan mudah didapat dimanapun membuat tanaman ini sangat digemari oleh khalayak banyak. Tanaman ini juga sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan.

 

Setelah mengetahui beberapa alasan tersebut, Apakah kalian ingin membeli kaktus?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode