Search
Generic filters
Exact matches only

Alasan Esport Bisa Disebut Olahraga

0
7 months ago

Di hari libur, atau disela-sela waktu istirahat saat work from home dan belajar online dikala pandemi wabah virus corona ini, biasanya kita habiskan waktu dengan bermain game. Kebanyakan dari kita ataupun orang lain diluar sana bermain game hanya untuk sekedar menghabiskan waktu luang dan sekedar refreshing.

Tapi, tahukah kalian kalau diluar sana ada yang bermain game karena memang itu tuntutan pekerjaan mereka? Para pemain tersebut termasuk gamer profesional dan mereka menghasilkan uang dari bermain game tersebut. Para gamer profesional ini mengikuti berbagai turnamen yang diselenggarakan di berbagai dunia dengan hadiah jutaan dollar AS.

Keberadaan kompetisi-kompetisi game berskala internasional dengan hadiah uang tunai dengan jumlah jutaan dollar, menjadi hal yang tak asing lagi saat ini. Fenomena tersebut kemudian dikenal dengan istilah khusus yaitu eSports.

Akhir-akhir ini banyak yang berpendapat kalau eSports itu termasuk olahraga, sebagian besar lain berpendapat kalau eSports itu bukan termasuk olahraga. Kata eSports sendiri merupakan gabungan dari 2 kata, “electronic” dan “sport”. Istilah sport inilah kemudian yang membuat banyak perdebatan.

Organisasi eSports terbesar dunia, The International e-Sports Federation (IeSF), ingin bekerja sama dengan organisasi atletik untuk membuat eSport benar-benar sehat. Kerja sama mereka dengan International Association of Athletics Federations (IAAF) tersebut memiliki proyek yang diberi nama “Athletics for a Better World”. Proyek ini dinilai akan mengembangkan rencana latihan dan program kesehatan untuk membantu para pemain game profesional dan tingkat rekreasi untuk memiliki performa kesehatan yang tinggi.

“IeSF ingin membuat eSport serius menjadi olahraga yang kompetitif. Karena selama satu dekade ini eSport telah terlupakan terutama ketika membicarakan para pemain game profesional. Banyak orang yang menyamakan mereka dengan stereotip orang yang malas ketika orang bermain game” berdasarkan pernyataan dari mereka.

Kerjasama antara IeSF dan IAAF itu merupakan sebuah perkembangan besar dari dunia eSports. eSports sendiri sudah masuk ke dalam The Association for International Sport for All (TAFISA), sebuah badan untuk gerakan olahraga kesehatan masyarakat dunia. TAFISA sendiri sudah rutin mengadakan acara olahraga setaraf Olimpiade dengan nama TAFISA Games.

Pada event olahraga antar negara Asia, Asean Games 2 tahun lalu, eSports bahkan sudah dipertandingkan, walaupun hanya sekedar eksibisi.

Ada alesan mengapa eSports bisa dikatagorikan sebagai olahraga. Kompetitif. Salah satu alasan yang paling menonjol mengapa olahraga kerap dipertandingkan adalah untuk mencari dan menghasilkan tim atau individu terbaik. Setiap olahraga juga memiliki alat ukurnya masing-masing untuk menentukan siapa pemenangnya, yang sering dipahami sebagai konsep skor atau poin.

Alesan lainnya adalah sama seperti olahraga sepakbola, basket, dan lain sebagainya, para atlit eSports harus terus menerus mengasah skill mereka. Tuntutan tersebut tentu tidak bersifat sama rata. Judul permainan dan genre yang berbeda menuntut kemampuan yang berbeda pula. Kemampuan yang terus-menerus diasah itulah yang menjadi daya tarik suatu turnamen.

Selain itu, eSports juga memiliki aturan dan kode etik sama seperti olahraga lainnya. Dalam setiap ajang pertandingan, pastilah diperlukan sebuah kesepakatan yang disetujui bersama sebelum berlangsungnya sebuah kompetisi. Kesepakatan tersebut dibakukan dalam bentuk regulasi, dimana jika terdapat pelanggaran yang dilakukan oleh pemainnya, akan dijatuhi penalti. Aturan tersebut tentunya untuk mendukung nilai-nilai kejujuran dan sportivitas.

Ada juga aturan tidak tertulis seperti saling berjabat tangan sebelum dan sesudah permainan dan saling menghormati satu sama lainnya.

Itulah alesan-alesan mengapa eSports bisa dikatagorikan olahraga. Kalau menurut kalian eSports itu termasuk olahraga nggak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode