Search
Generic filters
Exact matches only

Alasan Kamu Harus Tahu Apa Golongan Darahmu

0
6 months ago

Sudah mengetahui apa golongan darahmu?

Setiap orang memiliki jenis golongan darah yang berbeda. Golongan darah merupakan “identitas” darah yang mengalir dalam tubuh dan ditentukan dari gen orangtua. Pada umumnya komponen dasar darah terdiri dari sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit. Selain itu di dalam darah manusia terdapat molekul protein tertentu yang dinamakan antigen dan antibodi.

Di dalam dunia medis, ada empat tipe golongan darah. Golongan darah tersebut diantaranya A, B, O, dan AB. Namun dari keempat golongan darah tersebut dibagi Kembali berdasarkan sifat positif dan negatifnya sehingga ada 8 kelompok golongan darah. Golongan darah tersebut diantaranya A+, A-, B+, B-, O+, O-, AB+, dan AB-. Penggolongan darah tersebut didasarkan pada kombinasi antara antigen dan antibodi.

Lalu mengapa kita harus mengetahui jenis golongan darah yang kita miliki? Ya, tentu sangat perlu kira mengetahui jenis golongan darah kita untuk berbagai kepentingan kesehatan. Ini beberapa alasan penting mengapa kita harus mengetahui golongan darah yang kita miliki:

Donor darah. Golongan darah perlu diketahui ketika kita akan mendonorkan darah. Tujuannya agar darah yang didonorkan bisa tepat ditransfusikan ke golongan darah yang cocok. Ketika ada kondisi medis yang membuat kita harus melakukan transfusi darah juga perlu mengetahui jenis golongan darah. Jika golongan darah tidak sesuai dapat menyebabkan terjadinya penggumpalan darah hingga menyebabkan kematian.

Transplantasi organ. Saat melakukan transplantasi atau pendonoran organ juga perlu diketahui jenis golongan darah. Ketidakcocokan golongan darah dapat membuat organ yang didonorkan tidak akan berfungsi dan justru menyebabkan terjadinya berbagai komplikasi yang bisa berakibat fatal.

Saat hamil. Mengetahui jenis golongan darah juga penting bagi wanita hamil. Jika golongan darah ibu dengan janin berbeda, hal tersebut dapat membahayakan janin. Perbedaan golongan darah pada ibu dan janin bisa menyebabkan adanya kerusakan sel merah pada janin sehingga menyebabkan bayi terlahir dengan gangguan kesehatan atau cacat lahir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode