Search
Generic filters
Exact matches only

Alasan Kenapa Sebelum Olahraga Harus Pemanasan Terlebih Dahulu

0
7 months ago

Ditengah pandemi wabah corona yang sedang terjadi saat ini, ada baiknya kita rajin berolahraga. Olahraga dapat menguatkan imun yang ada di tubuh kita sehingga kita tidak mudah terserang berbagai virus penyakit.

Sebelum melakukan olahraga, kita harus melakukan pemansan terlebih dahulu. Dengan melakukan pemanasan sebelum olahraga, otot-otot kita yang sebelumnya masih dalam keadaan dingin dan rileks, tidak akan kaget saat melakukan aktivitas fisik yang berat. Jika tidak pemanasan terlebih dahulu, dapat meningkatkan resiko mengalami cedera ringan atau kram saat kita berolahraga.

Beberapa penelitian yang sudah dilakukan mendukung hubungan antara pemanasan dan cedera otot.

Misalnya ada penelitan pada hewan, pada penelitian tersebut proses cedera otot membutuhkan kekuatan lebih besar pada otot yang sudah melalui proses pemanasan. Penelitian ini juga didukung dengan data bahwa cedera otot sering terjadi ketika otot dalam keadaan dingin atau tanpa pemanasan.

Selain itu, dengan melakukan pemanasan dapat membuat performa saat kita melakukan olahraga menjadi lebih maksimal. Saat sebelumnya kita sedang rileks atau bersantai, sebagian pembuluh darah kapiler tertutup dan aliran darah yang mengalir lebih rendah. Sementara dengan pemanasan, aliran darah meningkat karena kapiler terbuka.

Hal itu mengakibatkan suhu otot pun meningkat karena ada banyak aliran darah. Terdapat banyak oksigen dalam aliran darah tersebut. Karena banyaknya alirah darah pada otot kita, maka akan ada banyak pula persediaan oksigen untuk otot bekerja. Kinerja otot pun jadi lebih baik dan kita bisa melakukan kegiatan olahraga dengan performa maksimal.

nah, melakukan pemanasan juga baik untuk meningkatkan kondisi mental serta fokus kalian agar dapat berolahraga dengan maksimal, sehingga meningkatkan teknik dan keterampilan. Pemanasan dapat membuat fisik serta pikiran menjadi lebih rileks dan tenang. Ketika kita rileks tenntu bsa membuat mental dan fokus lebih terjaga.

Saat melakukan pemanasan, biasanya terdiri dari latihan kardiovaskular dan latihan peregangan.

Latihan kadiovaskular itu sendiri bertujuan untuk meningkatkan peredaran darah, menaikkan suhu tubuh, dan meningkatkan detak jantung. Sementara itu, latihan peregangan bertujuan untuk membantu menghangatkan otot agar siap untuk melakukan aktivitas fisik yang berat.

Sudah tau dong ya berarti kenapa kita harus pemanasan terlebih dahulu sebelum berolahraga. Jadi, jangan sampai lupa untuk pemanasan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode