Search
Generic filters
Exact matches only

Alasan Mengapa Banyak Pesepakbola Brasil Sukses Berkarir di Indonesia

0
6 months ago

Adakah diantara kalian yang mengikuti persepakbolaan di Indonesia? Dan adakah diantara kalian yang menggemari salah satu klub sepak bola di Indonesia? Jika iya, kalian pasti tau kan banyak sekali pemain asing yang bermain di klub-klub sepak bola Indonesia.

Para pemain asing ini didatangkan dari negara-negara lain baik itu dari benua Eropa, Asia, ataupun Amerika Selatan. Diantara para pemain asing tersebut, pasti akan selalu ada pemain dari negeri Samba, Brasil. Para pemain yang terkenal dengan gocekan tarian sambanya ini akan selalu menjadi favorit klub-klub di Indonesia untuk direkrut karena setiap mereka hampir selalu tampil memuaskan dan tak jarang yang menyumbangkan prestasi untuk klub yang mereka bela.

Para pemain Brasil ini bahkan sudah ada sejak dimulainya era Liga Indonesia. Pada kompetisi Shopee Liga 1 2020 sekarang contohnya, ada 24 pemain Brasil yang tersebar di klub-klub peserta Shopee Liga 1. Posisinya mulai dari bek, gelandang, hingga penyerang atau striker. Hanya penjaga gawang pos yang tidak diisi oleh para pemain Brasil ini.

Para pemain Brasi tersebut pun hampir semuanya merupakan andalan di klub mereka masing-masing.

Fenomena itu disebut karena atmosfer sepak bola Indonesia mirip dengan yang ada di Brasil, ungkap pelatih asal Brasi yang saat ini melatih klub Bali United, Stefano Cugurra atau Teco yang menjadi sapaannya.

“Negara Brasil adalah negara besar dengan banyaknya pemain bola. Ada pemain yang bagus tapi tidak bisa masuk atau bertahan lama di tim besar yang ada di Brazil.

Sehingga mereka lebih memilih bermain di luar negara Brasil, salah satunya Indonesia karena suasana di Brasil mirip dengan Indonesia,” jelas Teco seperti yang dilansir dari laman resmi Bali United.

Coach Teco tidak menjelaskan suasana seperti apa yang dimaksud mirip antara Brasil dan Indonesia. Bisa diasumsikan kalau supporter Indonesia yang fanatik yang mirip dengan para supporter di Brasil sana. Selain itu, cuaca yang sama-sama tropis antara Brasil dan Indonesia juga bisa diasumsikan demikian.

Selain itu, para pemain Indonesia yang memiliki kecepatan dan sering melakukan skill individu kebetulan juga mirip dengan gaya permainan para pemain Brasil. Kita sering melihat para pemain Brasil di Indonesia seperti Beto Goncalves, David da Silva, atau Renan Silva yang sering mempertontonkan kebolehan mereka dalam menggocek bola. Mereka juga acap kali sering mengajak adu sprint para pemain bertahan lawan.

Hal itulah mungkin yang membuat atmosefer di Indonesia mirip dengan atmosfer yang ada di Brasil sana. Tak hanya di Indonesia saja, para pemain Brasil juga hampir dipastikan tersebar di seluruh liga di dunia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode