Search
Generic filters
Exact matches only

Anak Kos? Hati-hati dengan Penyakit Ini

0
8 months ago

Seperti yang sudah kita ketahui, kehidupan sebagai anak kos memiliki sisi positif yaitu dapat menjadikan kita pribadi yang lebih mandiri karena jauh dari orang tua dan bisa belajar mengatur aktivitas sesuai kebutuhan. Meski demikian bukan berarti tidak ada sisi negatifnya yaitu karena kesibukan dan kegiatan yang padat membuat anak kos seringkali kurang memperhatikan kesehatan, pola makan serta waktu istirahat yang mengakibatkan akan ada banyak penyakit yang menghantui para anak kos yang berada di perantauan.

Berikut penyakit-penyakit yang kerap kali diderita oleh anak kos:

Diare

Penyakit yang satu ini sering kali datang akibat kurang memperhatikan kebersihan makanan yang dikonsums. Banyaknya pilihan jajanan di pinggir jalan menjadi godaan untuk dikonsumsi tanpa memperhatikan bagaimana kebersihan dari makanan tersebut. Jika hak ini sering dilakukan maka bukan tidak mungkin kamu akan mengalami diare.

Tifus

Masih karena kurangnya perhatian terhadap kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi, tifus bisa terjadi karena makanan atau minuman yang dikonsumsi terkontaminasi oleh bakteri Salmonela typhi. Gejala penyakit ini dimulai dengan demam tinggi, diare berkepanjangan, sakit kepala dan sakit perut.

Maag

Maag mungkin merupakan penyakit yang paling familiar di kalangan anak kos. Penyebab penyakit ini adalah karena waktu makan yang tidak teratur. Banyaknya aktivitas dan kesibukan anak kos membuat sering lupa atau telat makan sehingga muncullah maag. Gejala maag yang dirasakan biasanya mual, muntah, terasa nyeri di ulu hati dan perut terasa kembung.

Flu, demam dan batuk

Perubahan musim juga berpengaruh bagi anak kos yang memiliki segudang aktivitas di luar sana. Hujan dan panas yang datang tiba-tiba dapat membuat daya tahan tubuh menurun sehingga mudah sekali untuk terserang flu, demam dan batu. Kegiatan lainnya seperti begadang dan kurang makan juga membuat penyakit ini mudah menghampiri anak kos.

Berbagai penyakit kulit

Anak kos biasanya hidup bersama-sama teman-temannya dan sudah menjadi kebiasaan untuk berbagai beberapa hal bersama termasuk perlengkapan kebersihan. Jika ada satu orang saja yang terkena penyakit kulit seperti gatal-gatal maka yang lain juga akan dengan mudah tertular.

Hepatitis

Lagi-lagi karena kebersihan makanan dan lingkungan yang tidak terjaga, penyakit hepatitis bisa menular dengan cepat. Hepatitis merupakan penyakit yang menyerang hati. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang merusak sel-sel dan fungsi hati serta menyebabkan peradangan.

Itu beberapa penyakit yang biasanya menghantui anak kos. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan agar terhindari dari sakit. Sakit itu tidak pernah menyenangkan, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode