Search
Generic filters
Exact matches only

Antibiotik Itu Apa, Sih?

0
7 months ago

Kamu tentu pernah berobat ke dokter kemudian dokter akan meresepkan antibiotik ditambah dengan catatan kalau kamu harus meminumnya sampai habis. Tetapi sebenarnya kamu tahu tidak apa yang dimaksud dengan antibiotik? Dan kenapa kamu harus menghabiskannya sesuai dengan resep dokter? Yuk, kenalan dengan antibiotik di artikel ini.

Antibiotik merupakan obat untuk mengatasi atau mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Dokter biasanya akan meresepkan antibiotik saat kamu memiliki gejala peradangan, drainase, demam, mual dan muntah. Antibiotik akan bekerja dengan membunuh bakteri atau setidaknya membuat bakteri sulit untuk berkembang biak. Seperti yang disebutkan di atas, antibiotik merupakan obat untuk menangani penyakit yang diakibatkan oleh bakteri sehingga tidak dapat digunakan untuk melawan penyakit yang disebabkan oleh virus seperti flu, pilek, batuk dan bronkitis maupun infeksi sinus. Jadi pastikan kamu tidak salah kaprah dalam meminum antibiotik, ya.

Kamu juga harus benar-benar menuruti perintah dokter. Tidak hanya harus dihabiskan, beberapa antibiotik harus dikonsumsi dengan cara tertentu seperti dikonsumsi saat perut kosong, satu atau dua jam sebelum makan, dan ada juga yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan jenis makanan tertentu. Mengikuti petunjuk dokter adalah keharusan saat kamu diresepkan antibiotik.

Antibiotik memiliki berbagai jenis diantaranya doxycycline, minocycline, tetracycline, oxytetracycline dan tigecycline. Dokter tentu akan meresepkan antibiotik sesuai dengan penyakit yang kamu derita. Antibiotik dikonsumsi harus sesuai dosis dan waktu yang telah ditentukan oleh dokter yang menangani penyakit tersebut. Antibiotik harus dihabiskan tanpa tersisa agar mencegah kembalinya infeksi yang berpotensi lebih parah dari kondisi awal. Tujuan lain antibiotik harus dihabiskan adalah untuk mengurangi risiko timbulnya efek samping dan mencegah timbulnya resistensi antibiotik.

Resistensi antibiotik bisa terjadi karena salah satu bakteri dapat bertahan hidup dan menemukan cara untuk melawan antibiotik. Jika bakteri sudah menjadi resisten terhadap antibiotik, maka bakteri dapat berkembang biak dan menggantikan semua bakteri yang terbunuh. Akhirnya bakteri dapat bertahan dan kebal terhadap antibiotik karena adanya mutasi materi genetik. Masalah yang akan timbul biasanya akan muncul sakit yang lebih parah. Sekarang kamu sudah tahu alasan kenapa antibiotik harus dihabiskan jadi jangan pernah tidak menghabiskan antibiotik yang diresepkan oleh dokter, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode