Search
Generic filters
Exact matches only

Apa itu Command Prompt pada Windows?

0
6 months ago

CMD merupakan singkatan dari Command Prompt, yang dapat menjalankan perintah DOS dalam bentuk teks. Dengan menggunakan CMD maka dapat digunakan untuk mengakses komputer sama halnya melalui Windows explorer. CMD memiliki banyak fungsi yang dapat bermanfaat.

Fungsi yang bermanfaat yaitu menganalisa jaringan internet pada sebuah situs, fungsi tersebut biasa disebut dengan PING. Ping ini bisa digunakan untuk melihat respon dari situs terhadap komputer anda. Selain itu CMD juga dapat digunakan sebagai sarana untuk mengecek status aktivasi Windows. Fungsi lainnya mengecek kondisi hardisk, dengan CMD kalian bisa mengecek dan menganalisa kondisi hardisk. CMD juga dapat melihat history WiFi yang pernah tersambung pada jaringan komputer kalian dan masih banyak lagi fungsi dari CMD.

Untuk membuka CMD kalian hanya perlu klik menu start pada Windows, kemudian masukkan perintah CMD, setelah itu akan muncul pilihan CMD kemudian klik, nanti akan muncul tampilan awal command prompt, kemudian masukkan perintah yang kalian inginkan ke dalam CMD. CMD memiliki beberapa perintah seperti control admin tools untuk administrative tools, ipconfig/release untuk IP konfigurasi, regedit untuk melihat registry editor dan telnet untuk melihat telnet client pada jaringan.

Sebenarnya masih banyak lagi perintah yang ada pada CMD sendiri, namun perintah yang kami sebutkan tersebut merupakan beberapa perintah yang sering digunakan di dalam kegiatan sehari-hari. Namun saat ini pengguna komputer maupun laptop sudah jarang menggunakan CMD karena pengguna sudah dibuatkan GUI atau graphical user interface yang dapat dengan mudah digunakan dengan memilih icon bergambar dengan menggunakan mouse. Itulah penjelasan singkat dari command prompt, semoga bisa bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode