Search
Generic filters
Exact matches only

Apa itu Mobil 2WD – (RWD dan FWD) ?

0
8 months ago

Bagi kalian yang ingin membeli mobil namun masih asing dengan istilah FWD, RWD, AWD, 2WD dan 4WD?  Itu semua merupakan kode sistem penggerak. Dalam sebuah mobil, ada beberapa mobil yang memiliki perbedaan dalam sistem penggeraknya. Sistem penggerak di mobil memiliki peran penting, sebab sistem penggerak bertugas sebagai penerus tenaga mesin ke roda. Roda penggerak tentunya memiliki andil dalam menentukan karakter sebuah mobil. Pada artikel kali ini, akan dijelaskan secara ringkas dan jelas mengenai sistem penggerak 2WD – (RWD dan FWD) Yuk kita lihat.

2WD (Two Wheel Drive) merupakan sistem penggerak mobil menggunakan dua roda saja. Jadi tenaga penggerak mobil bertumpu pada 2 roda saja, baik 2 roda bagian belakang atau yang disebut dengan RWD (Rear Wheel Drive) dan 2 roda bagian depan atau yang   disebut dengan FWD (Front Wheel Drive) .

Untuk RWD ini sangat cocok untuk jalanan yang ada di Indonesia, seperti jalanan yang menanjak maupun yang berliku-liku. Dengan sistem penggerak RWD, gejala roda berputar (slip) dapat diminimalisir, khususnya ketika berada di tanjakan maupun jalan berliku dan pada saat mobil sedang mengangkut banyak muatan barang atau penumpang. Contoh mobil yang menggunakan sistem penggerak RWD adalah Daihatsu Xenia, Toyota Avanza, Daihatsu Terios dan Wuling Confero S.

Untuk FWD, mobil yang memiliki sistem penggerak  FWD dikenal dengan mobil yang lebih bertenaga dan efisien dalam penggunaan bahan bakar dibandingkan Mobil dengan sistem penggerak RWD. Karena roda depan pada mobil jenis ini langsung terhubung dengan transmisi dan mesin tanpa harus melalui propeller dan differensial (gardan). Karena itu, jumlah komponennya menjadi lebih sedikit dibandingkan mobil RWD sehingga lebih ringan. Sebagian besar mobil FWD lebih bertenaga dan efisien dalam penggunaan bahan bakar karena tenaga dari mesin tak perlu melalui gardan dikarenakan bobot yang ringan yang ia miliki. Contoh mobil yang menggunakan sistem penggerak FWD adalah Honda Brio, Toyota Vios, Suzuki Swift, dan Mitsubishi Mirage, Suzuki Ertiga, Chevrolet Spin, Honda Mobilio, Nissan Livina, dan Mitsubishi Xpander.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode