Search
Generic filters
Exact matches only

Apa itu Sistem Rem ABS ?

0
6 months ago

Bagi kalian pecinta otomotif, kalian tentu saja pernah mendengar kendaraan dengan sistem rem biasa dan sistem rem ABS. Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah apa itu rem ABS?, Mengapa kendaraan dengan sistem rem ABS memiliki harga yang lebih mahal?, apakah kelebihan dari sistem rem ABS? Dan bagaimana cara kerja sistem rem ABS?.

Rem merupakan peranti yang digunakan untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda. Sistem rem dalam teknik otomotif adalah suatu sistem yang berfungsi untuk mengurangi kecepatan kendaraan, menghentikan kendaraan yang sedang berjalan, dan menjaga agar kendaraan tetap berhenti. Sistem rem anti terkunci atau anti-lock braking system (ABS) merupakan suatu sistem pengereman pada kendaraan agar tidak terjadi penguncian roda ketika terjadi pengereman keras / mendadak. Dengan adanya rem ABS (Anti-lock Braking System), proses pengereman pada kendaraan menjadi lebih lembut dan safety di berbagai situasi. Sistem ABS bekerja apabila terjadi pengereman keras / mendadak pada kendaraan  sehingga sebagian atau semua roda berhenti sementara kendaraan masih melaju yang membuat kendaraan tidak terkendali sama sekali. Hal ini tentu sangat berbahaya terutama di jalan licin dan berkelok. Ketika sensor melakukan pendeteksian di roda pengunci, ABS akan memerintahkan piston rem untuk melepaskan tekanan kembali ke titik normal , lalu mengeraskannya kembali begitu roda berputar. Proses berlangsung sangat cepat, hanya mencapai 15 kali/detik. Sehingga kendaraan tetap dapat dikendalikan dan jarak pengereman makin efektif sehingga dapat mengurangi tingkat kecelakaan. Kelebihan dari ABS (Anti-lock braking system) adalah pengereman dapat dilakukan lebih cepat dan lebih stabil dibandingkan sistem biasa dan sistem ABS juga bagus digunakan untuk jalanan yang basah ataupun pasir.

Uraian diatas merupakan serangkaian informasi mengenai ABS mulai dari apa itu sistem pengereman ABS, komponen, cara kerja, kelebihan dan kekurangan. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat dan tambahan ilmu agar kalian bisa lebih paham tentang sistem kendaraan modern ini. Tidak heran apabila kendaraan yang dilengkapi sistem rem ABS tentunya lebih mahal dibandingkan dengan rem biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode