Search
Generic filters
Exact matches only

Apa, Sih, Menstrual Cup Itu?

0
6 months ago

Saat ini menstrul cup cukup diminati oleh banyak wanita sebagai alat untuk menampung darah haid. Pada umumnya saat haid wanita kebanyakan menggunakan pembalut biasa. Pembalut biasa dinilai tidak ramah lingkungan karena sampah bekas pembalut menjadi salah satu penyumbang limbah terbesar. Sampah bekas pembalut umumnya tidak mudah terurai sehingga banyak wanita mulai beralih menggunakan menstrual cup. 

Menstrual cup merupakan produk pengganti pembalut yang terbuat dari karet atau silikon yang berbentuk corong. Fungsinya adalah hanya untuk menampung darah menstruasi dan tidak menyerap. Alat satu ini dapat digunakan hingga 12 jam dalam satu kali pakai, tergantung banyaknya darah yang keluar dan dapat menampung sekitar 29,57 ml cairan.

Cara penggunaan menstrual cup pun berbeda dengan pembalut atau tampon, yaitu dengan memasukkan cup ke dalam vagina. Saat sudah masuk, cup akan terbuka dan menutupi lubang vagina. Ketika menstrual cup sudah terpasang dengan benar, tidak akan ada rasa mengganjal.

Bagi Sebagian orang, memasukkan benda asing ke dalam vagina masih menjadi sesuatu yang tabu karena dinilai dapat merusak selaput dara, sehingga tidak perawan lagi. Padahal, setiap wanita dilahirkan dengan berbagai jenis selaput dara bahkan ada yang terlahir tanpa selaput dara. Jadi bisa dikatakan selaput dara bukanlah ukuran mutlak mengenai keperawanan seseorang. Jadi untuk menggunakan menstrual cup dengan cara yang benar pastinya tidak akan melukai vagina.

Tidak seperti pembalut, menstrual cup memiliki ukuran. Umumnya, ukuran cup yang digunakan akan ditentukan berdasarkan usia, ukuran tubuh, sudah pernah melahirkan atau belum, dan bagaimana keaktifan olahraga seseorang. Menurut beberapa ahli, penggunaan menstrual cup lebih aman daripada menggunakan tampon atau pembalut. Dengan menggunakan menstrual cup resiko lebih kecil untuk terjadi infeksi bakteri dibandingkan dengan tampon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode