Search
Generic filters
Exact matches only

Apakah Albino Berbahaya?

0
8 months ago

Pernah melihat seseorang yang berkulit sangat putih, pucat, dan terang? Dalam dunia medis hal tersebut dikenal dengan albinisme atau yang sering kita dengar, albino. Albino bisa terjadi pada siapa saja. Kondisi ini dipengaruhi oleh kurangnya produksi melanin. Kekurangan ini dapat terjadi pada sebagian atau seluruh tubuh dan mengakibatkan warna kulit, rambut, dan mata penderita terlihat sangat putih dan pucat.

Kekurangan produksi melanin yang menyebabkan albino terjadi karena perubahan atau mutasi gen. Selain membuat penampilan albino berbeda, kekurangan atau tidak memiliki pigmen melanin membuat kulit penderita albinisme mudah sekali terbakar saat terpapar sinar matahari sehingga mudah pula terkena kanker kulit. Pada bagian mata penderita albinisme dapat merubah warna iris dan dapat membuat pandangan menjadi terganggu serta lebih sensitif terhadap cahaya.

Albinisme tidak dapat disembuhkan dan tidak ada obat yang dapat mengatasi masalah albinisme. Pengobatan dan perawatan albinisme dilakukan untuk memaksimalkan penglihatan mata penderita. Gangguan penglihatan pada penderita albinisme terjadi beberapa bulan setelah lahir hingga dewasa, sehingga penderita albinisme harus selalu memakai kacamata sesuai yang diresepkan oleh dokter spesialis mata sesuai dengan kondisi dan kebutuhan penderita.

Perawatan untuk kulit albinisme juga harus dilakukan karena lebih rentan terkena kanker kulit. Pemeriksaan kulit dilakukan dengan rutin agar dokter dapat mengetahui seberapa besar resiko mereka terkena kanker kulit dan bisa memberikan saran untuk pencegahannya.

Penderita albinisme akan terlihat berbeda dengan keluarganya, sehingga berdampak pada kestabilan emosi dan mental dalam membina hubungan sosial dengan orang disekitarnya. Tetapi selain perbedaan penampilan sebenarnya albino sama sekali tidak berbahaya. Penderita albinisme juga sama seperti manusia pada umumnya, hanya saja mereka memiliki kekurangan dan tidak seharusnya kita yang normal justru mendiskriminasikan mereka.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode