Search
Generic filters
Exact matches only

Apakah Penting Mengganti Oli?

0
7 months ago

Hai sobat milenial, kalian tentunya menyadari bahwasanya di negara kita ini masih banyak orang yang  yang belum tahu atau mungkin menyepelekan seberapa pentingnya mengganti oli secara rutin dan tepat waktu terhadap kendaraan mereka. Berbicara mengenai kendaraan bermotor, kebutuhan akan oli tentunya tidak dapat dipungkiri lagi. Cairan pelumas ini sangat dibutuhkan para pengendara mototr untuk menunjang kelancaran mesin maupun komponen lainnya dalam motor.

 

Fungsi utama oli yaitu sebagai bahan pelumas dan perapat antar komponen agar mesin berjalan dengan baik dan bebas gangguan. Selain itu oli mesin juga mempunyai beberapa fungsi penting lain seperti pertama, sebagai pendingin dari panas yang dihasilkan proses pembakaran di dalam silinder dan panas yang dihasilkan dari gesekan antar komponen. Kedua, Mengurangi gesekan antara komponen mesin motor satu dengan yang lain. Gesekan yang terjadi dapat menyebabkan komponen mesin menjadi cepat aus, mengurangi tenaga yang dihasilkan, menghasilkan kotoran dan panas. Agar gesekan yang terjadi dapat dikurangi maka bagian saling bergesekan perlu dilapisi oli pelumas. Ketiga, Sebagai perapat celah antara piston dengan silinder. Keempat, Sebagai peredam getaran dan suara bising hasil benturan piston, batang piston dan poros engkol. Kelima, Sebagai pembersih kotoran hasil gesekan antar komponen mesin. Dan yang terakhir adalah sebagai anti karat, pelumas melapisi bagian logam sehingga menghindari kontak langsung dengan udara atau air.

 

Hal utama yang perlu disadari adalah sebelum kalian mengganti oli mesin, sebaiknya kalian mengenal terlebih dahulu mengenai penggunaan oli yang cocok untuk motor kalian, jangan sampai tertukar oli motor matic dan oli untuk motor bergigi, karena spesifikasi oli motor matic berbeda dengan motor bergigi. Pada umumnya, guna menjaga performa mesin motor anda agar tetap stabil sebaiknya kalian perlu mengganti oli motor secara rutin setiap 2 bulan sekali atau 2.000 kilometer, hal ini bergantung dari intensitas pemakaian motor dan kondisi jalan yang anda lalui setiap hari. Apabila aktivitas kalian sehari-hari membutuhkan perjalanan yang jauh maka usia pemakaian dan kualitas oli motor kalian akan cepat berkurang dan perlu diganti dengan oli yang baru. Dan salah satu hal yang diingat saat mengganti oli adalah jangan mengisi melebihi takaran yang dianjurkan pabrikan. Tiap pabrikan biasanya memiliki patokan kilometer penggantian oli yang berbeda-beda. Ada yang penggantian olinya tiap 2.000 kilometer sampai 5.000 kilometer sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode