Categories
Informasi

Kenali Beberapa Ciri Air Bersih Yang Layak Untuk Dikonsumsi

Kesehatan tubuh kita juga dipengaruhi oleh air bersih yang kita konsumsi setiap harinya. Kuman dan bakteri bisa menyebar melalui air. Dengan kondisi air yang buruk, kemungkinan berkumpulnya kuman dan bakteri akan semakin tinggi. Kuman dan bakteri ini bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah penyakit diare.

Oleh karena itu perlu bagi kita untuk mengenali ciri air yang layak konsumsi agar terhindar dari masalah kesehatan atau penyakit akibat salah memilih air yang akan dikonsumsi.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri air yang bersih dan sehat:

Rasanya Tawar

Kualitas air bisa juga diuji secara manual seperti dengan cara mencicipinya. Apabila air tidak memiliki rasa apapun atau tawar, tidak pahit, asin atau rasa yang begitu menonjol jika dirasa oleh indera pengecap. Maka air tersebut belum tercampur dengan zat apapun. Dan ini menandakan air masih murni dan layak untuk dikonsumsi.

Biasanya akan sangat sulit menemukan air bersih jika kita tinggal di daerah yang dekat dengan laut. Tetapi jika kita menggunakan metode reverse osmosis membrane dari Reverse Osmosis Indonesia bahkan air payau atau air laut sekalipun bisa menjadi air bersih yang layak untuk di konsumsi.

Air Terlihat Jernih

Kondisi air yang jernih dan tidak keruh bisa menjadi tanda bahwa air tersebut bersih dan layak untuk di konsumsi. Namun juga sebaliknya, apabila air yang akan dikonsumsi keruh, maka itu bisa menjadi pertanda bahwa air tersebut kemungkinan besar sudah terkontaminasi oleh zat lain yang ada di dalamnya.

Air Tidak Berwarna

Jika air terlihat berwarna, itu berarti terdapat hal serius dan juga berbahaya di dalam air tersebut sehingga sangat berbahaya bila digunakan apalagi dikonsumsi.

Memiliki Tingkat Keasaman Rendah

Normalnya tingkat keasaman air bersih adalah 7 atau 6 dan 8. Jika lebih, dapat dipastikan air tidak layak untuk dikonsumsi manusia karena memiliki tingkat keasaman yang terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Tidak Memiliki Bau

Air yang berbau dapat menyebabkan keracunan pada tubuh manusia dan air berbau sudah dipastikan tidak layak untuk di konsumsi.

Nah, agar kesehatan tubuh tetap terjaga maka jangan pernah salah memilih air bersih untuk dikonsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *