Search
Generic filters
Exact matches only

Asal Usul Badminton, Olahraga yang Kurang Populer di Negara yang Mengembangkannya

0
7 months ago

Pasti kalian semua pernah memainkan olahraga badminton, atau yang bisa disebut juga dengan bulu tangkis. Olahraga ini merupakan salah satu olahraga yang paling populer setelah sepak bola yang ada di tanah air kita, Indonesia. Indonesia sering sekali menyumbangkan prestasi lewat pemain-pemainnya di kejuaraan dunia. Bahkan pemain ganda putra Indonesia, Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya merupakan ganda nomor satu di ranking dunia.

Tak hanya populer di Indonesia, olahraga bulu tangkis juga populer di negara lainnya seperti China, Jepang, India, Denmark, dan lain sebagainya. China sendiri merupakan negara yang kerap mendominasi olahraga ini bersama dengan Indonesia.

Tapi, tahukah kalian kalau olahraga ini justru kurang digemari di negara yang mengembangkannya?

Olahraga bulu tangkis berasal dari india yang pada saat itu olahraga ini disebut dengan nama Poona. Akan tetapi permainan ini tidak berkembang di India dan para perwira perang Inggris membawa olahraga ini ke Inggris dan untuk pertama kalinya dimainkan secara resmi dikediaman Duke of Beaufort. Olahraga ini disebut badminton disana.

Di Inggris sejak zaman pertengahan permainan anak-anak yang disebut Battledores dan Shuttlecocks sangat populer. Anak-anak pada waktu itu biasanya akan memakai dayung/tongkat (Battledores) dan bersiasat bersama untuk menjaga kok tetap di udara dan mencegahnya dari menyentuh tanah. Ini cukup populer untuk menjadi nuansa harian di jalan-jalan London pada tahun 1854 ketika majalah Punch mempublikasikan kartun untuk ini.

Penduduk Inggris membawa permainan ini ke Jepang, Republik Rakyat Tiongkok, dan Siam (sekarang Thailand) selagi mereka menjajah Asia. Ini kemudian dengan segera menjadi permainan anak-anak di wilayah setempat mereka.

Rancangan peraturan ditulis pertama kali oleh Klub Badminton Bath pada 1877. Asosiasi bulu tangkis Inggris dibentuk pada 1893 dan kejuaraan internasional pertamanya berunjuk-gigi pertama kali pada 1899 dengan Kejuaraan All England.

Pada tahun 1934 didirikan IBF. Ketika itu yang menjadi anggota hanya beberapa negara yakni inggris, denmark, perancis, irlandia, netherland, selandia baru, dan wales. Sedangkan ketua IBF yang terpilih adalah Sir George Thomas dari Inggris.

Tahun 1949 diadakan pertandingan beregu putera untuk memperebutkan piala dari Sir George Thomas yang kemudian terkenal dengan nama Thomas Cup. Dan pada tahun 1957 diadakan pertandingan beregu putri untuk memperebutkan piala yang diberikan dari Ny. Betty Uber yang terkenal dengan nama Uber Cup. Thomas cup dan Uber cup dilaksanakan 3 tahun sekali.

Di Indonesia permainan bulu tangkis ini baru dibentuk pada tangal 5 Mei 1951 dengan terbentuknya PBSI.

Walaupun berkembang di Inggris, olahraga bulu tangkis justru lebih populer di negara-negara Asia seperti Indonesia, China, Jepang, India, Korea Selatan, dan negara Asia lainnya. Olahraga ini bahkan berkembang pesat beberapa tahun belakangan ini di negara-negara di Asia Tenggara. Secara bergantian Indonesia dan China mendominasi olahraga ini dikancah dunia.

Bahkan, Inggris yang merupakan negara yang menjadi asal usul kejuaraan bulu tangkis paling bergengsi di dunia Thomas Cup dan Uber Cup, justru belum pernah memenangkannya sama sekali.

Thomas Cup justru di dominasi oleh negara asal Asia, Indonesia dan China yang masing-masing sudah menjuarai kompetisi ini sebanyak 12 kali untuk Indonesia, dan 10 kali untuk China. Uber Cup sendiri China menjadi peraih terbanyak kejuaraan ini, yaitu sebanyak 14 kali.

Hal ini tidak mengherankan. Karena di Inggris, olahraga yang paling populer disana adalah sepakbola. Bahkan bulu tangkis masih kalah populer dari rugby dan golf di negara asal Ratu Elizabeth tersebut. Bulu tangkis masih kurang diminati oleh masyarakat Inggris. Karena kurang banyak dinikmati inilah Inggris jarang mendulang prestasi di kompetisi dunia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode