Search
Generic filters
Exact matches only

Asal Usul Olahraga Bola Basket

0
8 months ago

Ada yang punya hobi bermain basket nggak nih diantara kalian? Beberapa tahun terakhir ini basket menjadi olahraga populer lho di Indonesia, walaupun masih kalah populer sama olahraga nomor satu di Indonesia, yaitu sepakbola. Tapi, ada kemungkinan perkembangan basket di Indonesia makin populer tiap tahunnya karena permainan ini tidak kalah seru juga dengan sepakbola.

Oiya, tau nggak sih kalau permainan basket itu ditemuinnya nggak sengaja?

Jadi, ceritanya pada tahun 1891 Dr. James Naismith berasal dari Kanada Ia adalah seorang guru olahraga dan mengajar di sebuah perguruan tinggi para siswa profesional di YMCA (sebuah wadah pemuda umat Kristen) di Springfield, Massachusetts, keharusannya membuat suatu permainan di ruang tertutup untuk mengisi waktu para siswa pada masa liburan musim dingin di New England. Terinspirasi dari permainan yang dulu dia pernah mainkan saat kecil di Ontario, pak guru Naismith tercetuslah ide untuk membuat permainan basket pada 15 Desember 1891.

Perkembangan olahraga basket ini pada awalnya banyak sekali orang yang bertentangan, karena banyak yang berpikir bahwa bahwa permainan olahraga basket ini terlalu keras, dan tidak cocok apabila dilakukan di dalam ruangan yang tertutup.

Pak Naismith terus memutuskan untuk membuat beberapa aturan dasar, menempelkan sebuah keranjang di dinding ruang gelanggang olahraga, dan meminta para siswa untuk mulai memainkan permainan ciptaannya itu.

Pertandingan resmi olahraga basket itu sendiri pertama kali diselenggarakan pada tanggal 20 Januari 1892 di tempat kerja Dr.James Naismith. Pada saat itu, salah satu muridnya memberi nama permainan ini basket.

Sejak saat itulah olahraga basket mulai menyebar ke seluruh Amerika Serikat, mulai dimainkan oleh banyak orang, dan diadakanlah kompetisi-kompetisi bola basket disana.

Setelah pada akhirnya permainan bola basket mulai dikenal luas diseluruh negara bagian Amerika Serikat, pada tanggal 6 Juni 1946 dibikinlah kompetisi profesional resmi disana, National Basketball Association, atau yang biasa disebut NBA. Dari kompetisi ini lah lahir pemain-pemain bintang yang sudah melegenda seperti Kareen Abdul Jabbar, Michael Jordan, Magic Johnson, Shaq O’neal, Kobe Bryant, hingga pasti sudah kalian kenal, LeBron James.

Begitulah asal usul permainan basket. Cukup unik ya, dari yang nggak sengaja ditemuin sampe sekarang basket sudah menjadi terkenal diseluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode