Search
Generic filters
Exact matches only

Asal Usul Olahraga Bola Voli

0
8 months ago

Apakah diantara kalian ada yang pernah bermain bola voli? Walaupun olahraga ini kalah pamor dari sepak bola dan basket, olahraga ini juga tetap seru untuk disaksikan dan juga untuk kalian mainkan lho! Sudah terdapat berbagai kompetisi dunia untuk olahraga ini. Bahkan tidak jarang para pemain ada yang melakukan gerakan akrobatik agar tidak kehilangan poin!

Olahraga voli merupakan sebuah olahraga yang dimainkan oleh dua buah tim, dimana masing masing tim beranggotakan 6 orang pemain untuk Voli Reguler dan 2 orang pemain untuk voli pantai. Layaknya olahraga besar lainnya, voli juga memiliki induk organisasinya sendiri, yaitu Federation Internationale de Volleyball (FIVB).

Olahraga ini awalnya bukan disebut “Bola Voli”, melainkan “Mintonette”. William G. Morgan adalah penemu olahraga ini. William adalah seorang instruktur pendidikan jasmani disebuah organisasi bernama Young Men’s Christian Association (YMCA). YMCA merupakan organisasi yang didesikan utnuk mengajarkan ajaran-ajaran pokok umat kristen kepada para pemuda, seperti yang telah diajarkan oleh Yesus. Organisasi ini didirikan pada tanggal 6 Juni 1884 di London, Inggris oleh George William.

Setelah bertemu dengan James Naismith, si Willliam kepikiran nih buat menciptakan sebuah olahraga baru yang bernama Mintonette. Mintonette sendiri tercipta 4 tahun setelah olahraga bola basket ditemukan. Mintonette sebenarnya merupakan sebuah permainan yang diciptakan dengan mengadopsi empat macam karakter olahraga permainan menjadi satu, yaitu bola basket, baseball, tenis, dan yang terakhir adalah bola tangan (handball). Pada awalnya, permainan ini diciptakan khusus bagi anggota YMCA yang sudah tidak berusia muda lagi, sehingga permainan ini-pun dibuat tidak seaktif permainan bola basket.

Singkat cerita, pada tahun 1896, diadakan sebuah demonstrasi pertandingan di area International YMCA Training School. Kegiatan tersebut menjadi momentum bagi mintonette untuk berganti nama menjadi volleyball atau dalam bahasa kita biasa disebut bola voli.

Oiya, tujuan dari permainan olahraga bola voli ini adalah untuk mempertahankan bola agar tetap bergerak melewati net yang tinggi, dari satu wilayah ke wilayah lawan. Lalu, saat lawan tidak bisa mempertahankan bola, tim lainnya akan mendapatkan poin. Beda halnya dengan sepak bola dimana kalian tidak boleh menggunakan sama sekali kedua tangan kalian (kecuali kiper), pada olahraga bola voli kalian dibolehkan menggunakan anggota tubuh manapun untuk menjaga agar bola tidak jatuh dan kalian tidak kehilangan poin.

Itulah sejarah singkat asal muasal olahraga bola voli.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode