Search
Generic filters
Exact matches only

Asesoris-Asesoris Penting yang Biasa Dikenakan Para Pemain Basket

0
6 months ago

Olahraga basket merupakan salah satu olahraga yang paling populer di dunia. Para penikmat basket tak kalah banyaknya dari para penikmat olahraga sepak bola. Salah satu kompetisi basket paling populer adalah NBA yang berasal dari Amerika Serikat. NBA banyak melahirkan pemain-pemain hebat seperti Kareem Abdul-Jabar, Magic Johnson, Michael Jordan, Kobe Bryant, LeBron James, Stephen Curry, dan lain sebagainya.

Tak jarang para pemain NBA memperlihatkan skill-skill menawan yang mengundang decak kagum bagi para penontonnya. Jika kalian menonton pertandingan basket dengan seksama, kalian akan melihat beberapa pemain ada yang mengenakan asesoris saat pertandingan berlangsung. Asesoris-asesoris itu bukan sekedar untuk menambah gaya para pemain tersebut lho, melainkan asesoris-asesoris ini memiliki fungsi yang penting untuk para pemain yang mengenakannya.

Berdasarkan penelitian dari American Journal of Medicine (1987) dan Journal Sports Science diungkapkan bahwa pemakaian asesoris, seperti sleeve dalam olahraga dapat meningkatkan performa seorang atlet dan juga dapat mengurangi nyeri selama masa penyembuhan.

Selain itu, penggunaan aksesori pasca cedera bisa juga dikategorikan sebagai efek placebo. Placebo adalah sebuah istilah medis yang berarti sebuah upaya pengobatan dengan cara memberikan sugesti positif kepada pasien agar rasa sakit yang diderita pasien berkurang.

Berikut ini adalah macam-macam asesoris yang dikenakan para pemain basket beserta fungsinya, yuk langsung aja dibaca!

  1. Mouth Guard

Mouth guard atau yang biasa disebut pelindung gigi menjadi salah satu asesori yang penting digunakan oleh para pemain basket. Hal ini dikarenakan banyaknya duel fisik yang menggunakan tangan atau siku sehingga berfungsi menghindari benturan antar pemain jika terkena bagian mulut atau gigi. Para pemain seperti LeBron James, Stephen Curry, dan Kevin Durrant terlihat sering menggunakan asesoris ini saat bertanding.

  1. Shooting Arm Sleeve

Asesoris ini bertujuan untuk membantu si pemain lebih mudah bergerak untuk menembak bola. Selain itu, benda ini juga mampu menghangatkan otot mereka dan juga mampu bertujuan untuk mencegah dari ancaman cedera. Para pemain yang terlihat sering mengenakan asesoris ini adalah Russel Westbrook, Luca Doncic, LeBron James, dan para pemain lainnya.

  1. Headband

Headband merupakan asesoris yang paling banyak dipakai oleh para pemain basket. Hampir semua pemain yang bertanding mengenakan asesoris ini. Headband ini berfungsi untuk menyerap keringat bagi para pemain yang berkepala botak. Untuk yang berambut panjang asesoris ini biasanya lebih untuk mengatur rambut mereka agar tidak menghalangi pandangan mereka saat bertanding.

  1. Leg Sleeve

Fungsi dari digunakannya leg sleeve hampir sama dengan arm sleeve, asesoris ini membantu dalam pergerakan kaki pemain agar lebih leluasa. Saat menggunakan leg sleeve, asesoris akan menghangatkan otot para pemain. Selain itu leg sleeve ini juga dapat menyerap dan mengeringkan keringat, membantu menghilangkan rasa sakit dari otot, dan mempercepat pemulihan otot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode