Search
Generic filters
Exact matches only

Atasi Bibir Kering dengan Lakukan Ini

0
6 months ago

Bibir kering dan pecah-pecah sering dialami oleh sebagian orang. Meskipun bukan masalah yang serius, bibir kering dan pecah-pecah tentu membuat tidak nyaman dan mengganggu penampilan seseorang. Ada banyak sekali penyebab bibir kering dan pecah-pecah, mulai dari faktor suhu dan cuaca, kurangnya kelembaban, sampai dengan kondisi medis tertentu. Bibir memiliki permukaan yang lebih tipis daripada permukaan kulit lainnya. Ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan bibir dan mengatasi bibir kering:

Perbanyak minum air putih. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh perlu dilakukan agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan terhindar dari kondisi bibir kering dan pecah-pecah.

Selalu gunakan pelembab bibir. Perlu diketahui jika bibir tidak memiliki kelenjar minyak sehingga bibir tidak dapat melembabkan secara alami. Pelembab bibir perlu digunakan untuk menjaga kelembaban serta mengatasi dan mencegah bibir kering dan pecah-pecah. Produk pelembab bibir yang dapat digunakan seperti berbagai lip balm yang mengandung petroleum jelly, lanolin, dan beeswax. Gunakan juga pelembab bibir yang mengandung tabir surya jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan. Hindari menggunakan pelembab bibir yang mengandung parfum atau pewarna karena dapat mengiritasi permukaan bibir.

Hentikan kebiasaan menjilat bibir. Menjilat bibir memang membuat bibir terasa kembali lembab. Faktanya, air liur untuk menjilat bibir justru lebih mudah kering dan menguap sehingga akan membuat bibir semakin kering.

Hindari mengelupas bibir yang pecah-pecah. Bibir yang pecah-pecah memang terkadang membuat seseorang tidak bisa menahan diri untuk mengelupasnya. Namun, kondisi tersebut jika dilakukan justru dapat membuat bibir terluka dan berdarah. Gunakan scrub khusus bibir untuk mengangkat sel-sel kulit yang mati secara lembut dan perlahan.

Kurangi dan hindari penggunaan lipstick matte. Lipstick matte dapat membuat bibir kering dan pecah-pecah. Sebaiknya gunakan pelembab sebelum dan sesudah menggunakan lipstik.

Hindari merokok. Asap yang dihasilkan dari merokok dapat membuat iritasi di area sekitar bibir. Sebaiknya hindari merokok. Selain tidak baik untuk kesehatan, merokok juga dapat membuat bibir kering dan pecah-pecah.

Hindari makanan pedas. Untuk orang yang berkulit sensitif sebaiknya hindari makanan pedas. Makanan pedas dapat membuat iritasi di permukaan kulit bibir sehingga bisa menyebabkan kondisi yang lebih parah.

Itulah tips-tips yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Jika kondisi bibir kering dan pecah-pecah tidak kunjung membaik, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode