Search
Generic filters
Exact matches only

Atasi Jerawat Bisa dengan Bahan Alami Ini

0
6 months ago

Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang cukup menyebalkan bagi sebagian orang. Terkadang, masalah jerawat tidak selesai begitu saja ketika sembuh. Biasanya setelah jerawat sembuh, terbitlah bekas jerawat. Jerawat bukanlah suatu kondisi yang berbahaya. Tetapi, bekas jerawat yang tertinggal pada kulit membuat tidak nyaman dan mengganggu penampilan.

Sebenarnya, jerawat dapat sembuh dengan sendirinya tanpa perlu penanganan khusus. Namun terkadang banyak orang yang tidak sabar dan malah memencet jerawat yang justru membuat kondisi jerawat menjadi lebih buruk dan memicu bekas merah hingga kehitaman pada wajah. Selain itu tekstur permukaan kulit wajah juga jadi tidak rata dan cenderung bergelombang hingga membentuk cekungan berbentuk lingkaran.

Tanpa perawatan dan pengobatan tertentu, butuh waktu yang cukup lama untuk menyembuhkan jerawat. Bekas jerawat juga dapat diatasi dengan menggunakan krim yang mengandung kortison atau steroid yang akan mengurangi pembengkakan akibat jerawat. Namun, ada alternatif lain dengan cara alami yang bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan bekas jerawat. Bahan-bahan alami tersebut diantaranya:

Putih telur. Kandungan enzim lysozyme dalam putih telur berperan sebagai anti mikroba yang dapat menghilangkan jerawat.

Lidah buaya. Di dalam lidah buaya terkandung polifenol yang berperan untuk membasmi jerawat dan memudarkan noda hitam bekas jerawat. Selain itu kandungan aloin yang merupakan senyawa yang dapat mencerahkan area kulit yang gelap juga terkandung dalam lidah buaya.

Lemon. Pada air perasan lemon memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi. kandungan tersebut dapat memudarkan noda bekas jerawat. Namun, hati-hati jika memiliki kulit sensitif dan kering karena bisa menyebabkan iritasi.

Cuka apel. Di dalam cuka apel terkandung antiseptik alami yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Pepaya. Kandungan enzim papain dalam pepaya ternyata mampu mengangkat sel kulit mati dan memudarkan bekas jerawat.

Tomat. Selain sebagai buah atau pelengkap sayuran, tomat juga mampu menghilangkan bekas jerawat secara alami karena memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C.

Minyak kelapa. Bahan alami yang satu ini memiliki berbagai manfaat untuk kulit. Kandungan antioksidan, vitamin E, dan vitamin K berfungsi untuk memperbaiki jaringan kulit dan meningkatkan pertumbuhan jaringan kulit yang sehat. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki sifat antimikroba dan anti inflamasi yang dapat mencegah munculnya jerawat baru pada kulit.

Tea tree oil. Tea tree oil ternyata memiliki kandungan benzoil peroxide yang dapat meredakan peradangan dan dapat mengurangi produksi minyak dan anti bakteri sehingga dapat mengatasi masalah jerawat pada kulit wajah.

Soda kue. Selain untuk keperluan memasak, soda kue juga berfungsi untuk mengelupas sel kulit mati sehingga dapat membantu memudarkan bekas jerawat.

Madu. Siapa yang tidak tahu bahan alami yang satu ini? Ya, madu memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan. Selain untuk menghilangkan bekas jerawat, madu juga bisa mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi resiko terbentuknya jaringan parut pada luka.

Bahan-bahan alami di atas bisa menjadi alternatif untuk mengatasi masalah jerawat dan noda bekas jerawat. Lakukan perawatan yang tepat agar jerawat dan noda bekas jerawat dapat sembuh dan segera menghilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode