Search
Generic filters
Exact matches only

Bahan Alami Untuk Menangkal COVID19?

0
8 months ago

Alam semesta tercipta dengan proses yang panjang dan mengagumkan. Seluruh makhluk hidup ada di dalamnya saling berkoordinasi membentuk sebuah tatanan rantai kehidupan yang luar biasa. Manusia adalah makhluk yang sangat bergantung dengan alam dan sekitarnya. Kebutuhan manusia seakan tidak dapat dilepaskan oleh peran alam sebagai penunjang kestabilan, termasuk kebutuhan manusia yang semakin beraneka ragam terutama dalam hal kebutuhan pangan.

Pangan merupakan suatu permasalahan yang vital karena menyangkut kebutuhan gizi seseorang agar daya tahan tubuh terjaga. Guna menunjang hal tersebut diperlukan makanan dan minuman yang memiliki banyak nutrisi baik dan tentunya didukung oleh teknologi pengolahan yang tepat. Adanya beraneka ragam produk yang beredar di pasar membuat masyarakat lebih peduli terhadap kesehatan, sehingga muncul trend untuk kembali menggunakan bahan-bahan alami (back to nature).

Merebaknya wabah COVID19 sekarang ini membuat masyarakat berlomba-lomba untuk meningkatkan imunitas tubuh dan bahan-bahan alami menjadi pilihan beberapa masyarakat. Masyarakat lebih memilih vitamin dari bahan-bahan alami yang banyak tersedia di Indonesia, yaitu empon-empon daripada vitamin yang dibuat oleh pabrik.

Empon-empon merupakan tanaman rimpang yang sering dimanfaatkan sebagai bahan dasar jamu. Contohnya adalah kapulaga, temulawak, kunyit, beras kencur, dan jahe. Tanaman ini dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu pengolahan agar dapat dikonsumsi pun tidak ribet. Cukup dibakar, dikupas, kemudian direbus jadi satu. Bisa ditambahkan kayu manis atau gula aren supaya lebih nikmat untu diminum. Menurut Peraturan MENKES/187/2017, empon-empon juga terbukti aman untuk kesehatan.

Oleh karena itu, tidak heran apabila akhir-akhir ini empon-empon banyak dicari oleh masyarakat guna membentengi tubuh dari wabah COVID19. Harganya pun jadi meroket dan beberapa orang pun mengeluhkan bahwa empon-empon sulit dicari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode