Search
Generic filters
Exact matches only

Bahan Makanan Lebih Tahan Lama dengan Cara Ini

0
8 months ago

Konfirmasi oleh Presiden Jokowi mengenai kasus COVID19 pertama di Indonesia pada tanggal 2 Maret 2020 menimbulkan dampak yang cukup besar bagi masyarakat. Hal ini memicu panic buying di kalangan masyarakat yang dapat membuat kebutuhan pokok menjadi langka. Jika barang menjadi langka tetapi permintaan tinggi maka harga akan menjadi naik. Hal itu terjadi karena masyarakat merasa khawatir akan stok kebutuhan pokok. Stok kebutuhan pokok menjadi sangat penting apabila masyarakat harus terus berada di rumah.

 

Namun ada beberapa cara agar kebutuhan pokok khususnya makanan yang telah dibeli bisa tahan lebih lama, sehingga pembelian kebutuhan pokok pada periode selanjutnya bisa terkendali.  Menurut Food and Drug (FDA) suhu kulkas harus di bawah 4°C dan freezer harus di bawah 0°C. Beberapa tips agar makanan bisa tahan lebih lama adalah sebagai berikut.

  • Simpan sayur hijau di dalam kotak penyimpanan.

Sayur hijau sebaiknya dicuci bersih kemudian dipotong-potong lalu disimpan di kotak plastik atau mika dan diberi tisu atau kertas kemudian baru disimpan di kulkas. Hal ini akan mencegah mikroba pembusuk sayur hijau berkembang dan bisa membuatnya tahan lebih lama.

  • Simpan susu di bagian belakang kulkas.

Menyimpan susu di bagian belakang rak pada kulkas akan membuat susu lebih segar dalam waktu lama daripada menyimpannya di dekat pintu bagian depan.

  • Tutup bagian atas pisang dengan plastik.

Saat kita membeli pisang satu ikat apabila ada satu buah yang sudah matang maka seluruh pisang akan menjadi terlalu matang hanya dalam beberapa hari karena pelepasan gas etilen. Jika tetap dibiarkan makan pisang akan busuk dalam waktu yang lebih cepat.

Bagi sebagian orang berpendapat bahwa semua sisa makanan sudah tidak bisa dimanfaatkan lagi, padahal beberapa sisa makanan masih bisa untuk dikonsumsi. Sisa makanan yang masih dikonsumsi sebaiknya jangan dibuang tapi simpan ke dalam wadah kemudian letakkan di dalam freezer hingga membeku. Jika ingin mengkonsumsinya lagi hanya perlu memanaskannya.

  •  Simpan bawang putih dan bawang merah di tempat yang terbuka.

Jangan menyimpan bawang putih dan bawang merah di dalam kulkas. Simpanlah di tempat terbuka yang sejuk dan kering. Lain lagi apabila menyimpan bawang bombay yang tidak habis dipakai, sebaiknya simpan sisanya dan terlebih dahulu di lapisi dengan bubble wrap kemudian simpan di kulkas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode