Search
Generic filters
Exact matches only

Bau Mulut? Kok Bisa, Sih?

0
8 months ago

Tidak ada seorang pun yang ingin mulutnya berbau tidak sedap. Secara medis bau mulut bukan masalah yang serius. Tetapi bukan berarti bau mulut tidak membutuhkan penanganan. Seseorang dapat kehilangan kepercayaan diri hingga menyebabkan kesulitan berkomunikasi karena khawatir bau mulutnya akan mengganggu orang lain. Hingga penting untuk mengobati bau mulut yang tidak sedap.

Bau mulut yang tidak sedap disebut halitosis. Ada banyak hal yang menyebabkan mulut mengeluarkan bau uang tidak sedap. Namun studi menunjukkan sebagian besar bau mulut dikarenakan masalah kesehatan gigi dan mulut. Biasanya bau mulut timbul karena ada sisa makanan, kotoran juga bakteri yang ada di mulut atau karena gigi berlubang dan masalah gusi. Meski demikian tidak semua bau mulut disebabkan oleh hal ini. Ada beberapa hal lain yang dapat menyebabkan mulut berbau tidak sedap. Ini beberapa diantaranya:

Sinusitis akan menghasilkan lendir kental berbau yang mengalir dari rongga sinus ke tenggorokan dan dapat menyebabkan mulut berbau tidak sedap.

Xerostomia yang lebih dikenal dengan mulut kering terjadi karena kurangnya produksi air liur. Hal ini juga dapat disesbabkan oleh dehidrasi, sedang mengkonsumsi obat dengan kandungan tertentu atau sedang pilik. Kurangnya air liur membuatnya tidak dapat berfungsi maksimal untuk membunuh bakteri mulut yang dapat mengeluarkan bau tidak sedap.

Asam lambung. Gangguan saluran pencernaan yang paling umum adalah asam langsung atau GERD. Saat asam lambung meningkat, otot bawah esofagus biasanya tidak berfungsi dengan baik. Ini yang mengakibatkan asam naik hingga ke esofagus bahkan mulut. Asam lambung yang tertinggal di mulut tentu akan menyebabkan mulut berbau asam.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan bau mulut? Jika mengalami mulut berbau tidak sedap, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memperbanyak minum air putih agar kelembaban mulut terjaga. Berkumur dengan mouthwash atau cairan pencuci mulut dapat mengurangi hingga menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Makanlah permen atau permen karet karena ini dapat dengan cepat menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Hal lain yang dapat dilakukan adalah mengunyah buah atau sayur yang beraroma segar. Selain itu pastikan untuk menyikat gigi dua kali sehari secara teratur agar mulut dan gigi tetap bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode