Search
Generic filters
Exact matches only

Bau Namun Lezat – Jengkol

0
6 months ago

Siapa diantara kalian yang tak mengenal jengkol? Tentunya sebagian besar dari kalian mengetahui jengkol bukan?. Jengkol atau jering (Archidendron pauciflorum, sinonim: A. jiringa, Pithecellobium jiringa, dan P. lobatum) adalah suku polong-polongan (Fabaceae). Buahnya berupa polong dan bentuknya gepeng berbelit membentuk spiral, berwarna lembayung tua. Biji buah berkulit ari tipis dengan warna coklat mengkilap. Tumbuhan khas di wilayah Asia Tenggara ini sangat terkenal karena jengkol dapat menimbulkan bau tidak sedap pada urin setelah diolah dan diproses oleh pencernaan, terutama bila dimakan segar sebagai lalap.

Uniknya, walaupun menimbulkan bau yang tak sedap, jengkol ini tak hanya dikenal dan disukai oleh masyarakat kita saja, namun tak sedikit juga orang di sejumlah negara lain di Asia Tenggara yang juga menyukai makanan ini.

Jengkol juga dikenal memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi, bukti nyata bisa dilihat di harga pasar yang kian hari kian meningkat harga jual jengkol tersebut. masyarakat Indonesia seringkali menjadikan jengkol sebagai bahan pangan. Selain dimakan mentah, jengkol juga sering direbus agar rasanya lebih enak. Bahan ini juga kerap diolah dengan berbagai bentuk masakan, seperti gulai jengkol, semur jengkol, dan lainnya. Bukan hanya untuk lauk makan, jengkol saat ini juga telah dikembangkan menjadi cemilan, seperti keripik jengkol. Cemilan ini dibuat dengan cara menumbuk jengkol sampai lembut lalu dikeringkan dan digoreng. Banyak yang tak menyangka apabila jengkol memiliki kandungan nutrisi atau gizi yang cukup tinggi. banyak nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Diantaranya kandungan protein, karbohidrat, vitamin A, B, dan vitamin C. Jengkol juga diketahui kaya dengan berbagai jenis mineral seperti kalsium, fosfor, zat besi, steroid, saponin, glikosida, alkaloid, dan tanin. Sayuran ini juga mengandung minyak atsiri dan serat yang tinggi. Beberapa manfaat jengkol bagi dunia kesehatan yaitu meningkatkan stamina dan menangkal anemia karena jengkol memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi yang berkhasiat menangkal anemia maupun menjaga dan meningkatkan stamina tubuh, mengontrol kadar gula darah karena jengkol  juga memiliki senyawa aktif yang berfungsi untuk mengontrol dan mengendalikan kadar gula dalam darah, meningkatkan kesehatan jantung karena jengkol juga kaya dengan kandungan antioksidan yang berkhasiat dalam menangkal radikal bebas dan melancarkan peredaran darah. Makan sayuran ini akan bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Namun apabila kalian mengkonsumsi jengkol secara berlebihan akan membahayakan tentunya, hal ini dikarenakan kandungan asam aminonya yang disebut asam jengkol. Asam jengkol ini mengandung racun sehingga orang yang memakannya berisiko mengalami keracunan. Beberapa gejala yang kerap muncul pada orang yang mengalami keracunan ini diantaranya retensi urin, kejang otot, hingga gagal ginjal yang akut. Uniknya, kasus keracunan asam jengkol umumnya dialami pria. Asam jengkol juga tidak gampang larut dalam air. Hal ini bisa menyebabkan gangguan pada saluran kencing akibat menumpuknya kristal. Karena itu makan jengkol sebaiknya jangan sampai berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode