Search
Generic filters
Exact matches only

Begadang Jangan Begadang, Agar Terhindar dari Berbagai Ancaman Kesehatan Ini

0
6 months ago

Lamanya tidur yang cukup untuk masing-masing orang berbeda tergantung usianya. Untuk orang dewasa lamanya tidur yang cukup adalah 7-9 jam per hari. Tidur yang cukup akan membuat tubuh dapat memperbaiki kondisi fisik dan mental. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang masih belum terpenuhi waktu tidurnya. Pada malam hari yang seharusnya digunakan untuk istirahat dan tidur malah digunakan untuk melakukan hal-hal lain. Kegiatan ini jika dilakukan secara terus menerus maka akan menjadi suatu kebiasaan. Kebiasaan melakukan kegiatan lain di waktu malam dan membuat seseorang berjaga tidak tidur sampai larut malam atau biasa disebut begadang ini akan memberikan efek buruk bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa efek buruk begadang bagi kesehatan.

  • ┬áMenambah berat badan

Studi membuktikan bahwa orang-orang yang suka begadang dan kurang tidur cenderung lebih banyak makan camilan berkalori tinggi di malam hari. Tidak heran bahwa mereka cenderung mengalami kenaikan berat badan. Selain itu, begadang juga akan meningkatkan resiko obesitas.

  • Penyebab penuaan dini

Begadang akan membuat hormon kortisol (stres) dilepaskan dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya. Hormon ini akan memecah kolagen pada kulit, sedangkan kolagen sendiri merupakan protein yang membuat kulit lebih kencang dan elastis. Jika begadang sudah menjadi sebuah kebiasaan, maka akan menimbulkan efek kronis seperti garis-garis halus penuaan di kulit dan kulit menjadi kusam.

  • Pelupa

Begadang akan menghambat proses regenerasi sel yang berguna untuk memperkuat ingat, sehingga akan membuat seseorang menjadi pelupa dan sulit berkonsentrasi.

Begadang juga terbukti dapat mengurangi daya nalar, kemampuan memecahkan masalah, dan konsentrasi. Selain itu juga dapat menurunkan tingkat kewaspadaan seseorang yang dapat berakibat kecelakaan saat berkendara atau bekerja.

  • Meningkatkan resiko kanker

Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mempunyai kebiasaan begadang memiliki resiko terkena kanker yang tinggi. Hal ini mungkin terjadi karena berkaitan dengan stres dan kerusakan sel tubuh.

Begadang memang tidak ada manfaatnya dan banyak memberikan efek buruk bagi kesehatan. Jadi sebaiknya hindari begadang. Namun bagi beberapa orang yang lebih bisa produktif di malam hari, sebaiknya tidur lebih awal supaya tengah malam bisa terbangun dan melakukan aktivitasnya tanpa harus mengurangi waktu tidurnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode