Search
Generic filters
Exact matches only

Bekerja dari Rumah Malah Bikin Badan Sakit? Coba Ikuti Cara ini Untuk Mengatasinya

0
7 months ago

Himbauan pemerintah untuk #stayhome membuat perusahaan-perusahaan di Indonesia harus merumahkan para pegawainya. Para pegawai pun bekerja dari rumah atau work from home selama pandemi COVID-19 ini semakin meluas tiap harinya. Hal ini dapat menimbulkan gangguan kesehatan terutama pada tulang dan postur tubuh karena pada saat di rumah kursi dan meja yang digunakan bisa jadi kurang tepat seperti di kantor yang memang didesain untuk bekerja. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus maka akan menimbulkan masalah yang serius bagi tubuh. Untuk menghindari hal tersebut ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu sebagai berikut.

1.Siapkan ruang khusus untuk bekerja

Bekerja di tempat yang memang disiapkan untuk khusus untuk bekerja dapat menghindari keinginan untuk membungkuk di sofa atau bahkan bekerja dari tempat tidur yang dapat membuat tubuh sakit, nyeri, dan cedera. Selain itu, suasana pun jadi lebih mendukung untuk bekerja dan diharapkan bisa lebih produktif.

2.Pilih kursi yang tepat

Tempat duduk yang tepat adalah kunci memperoleh postur tubuh yang tepat. Perlu diperhatikan saat memilih tempat duduk adalah sesuaikan ketinggian kursi hingga lengan membentuk huruf L dan siku berada di samping tubuh. Selain itu pastikan bahwa posisi pergelangan tangan dan lengan harus lurus dan sejajar dengan meja ketika mengetik. Pilih kursi yang dapat menopang punggung dengan baik, jika perlu letakkan bantal di punggung bagian bawah saat duduk. Setelah itu, posisikan lutut sejajar dengan pinggul, bisa menggunakan sandaran kaki jika merasa perlu. Terakhir, pastikan kaki menapak lantai atau sandaran kaki supaya kaki bisa menjejak dengan nyaman.

3.Pilih meja yang tepat

Pilih meja yang tepat agar layar komputer atau laptop bisa disesuaikan sejajar dengan mata. Layar yang terlalu ke atas atau ke bawah dapat memicu ketegangan pada leher. Selain itu, perlu diingat bahwa jarak minimal layar dengan mata adalah 30 cm, hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan pada mata.

4.Lakukan peregangan secara berkala

Bekerja di depan komputer adalah cenderung bergerak secara statis maka peregangan secara berkala diperlukan, misal berjalan di rumah setiap 30 menit atau satu jam sekali. Peregangan dapat membantu melemaskan otot yang kaku dan mengembalikan postur tubu pada posisi normal saat bekerja dari rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode