Search
Generic filters
Exact matches only

Belajar Menjadi Eco Travel

0
6 months ago

Eco travel merupakan salah satu aktivitas liburan bagi wisatawan dengan tetap menjaga kelestarian alam daerah yang dikunjungi. Eco travel memiliki paham bahwa wisatawan harus lebih bertanggung jawab terhadap perbuatan atau aktivitas mereka selama di objek wisata alam, dalam hal tidak merusak objek wisata alam tersebut. Bahkan bukan hanya tempat wisatanya saja, kondisi alamnya pun tetap harus dijaga dengan kondisi yang sama.

Menjadi eco travel dapat menimbulkan dampak yang positif terhadap masyarakat sekitarnya. Dengan membangun rasa saling menghargai dan saling menghormati dengan warga lokal. Melalui perbuatan eco travel dapat meningkatkan informasi serta wawasan yang belum diketahui oleh warga lokal tersebut. Seperti contoh mengajarkan warga lokal untuk membuang sampah pada tempatnya, mengajarkan warga lokal terhadap barang yang bisa digunakan kembali dengan cara diolah terlebih dahulu.  Kegiatan  seperti ini dapat bermanfaat bagi eco travel yang dimana akan menambahkan pengalaman dan membuat warga setempat menjadi terlibat atas penghijauan lingkungan di daerah mereka tinggal maupun di dekat rumah mereka. Dengan terlibat atas kegiatan tersebut, warga lokal lebih bertanggung jawab dan merasakan keuntungan dan kerugian atas apa yang telah ditimbulkan.

Beberapa tempat yang dapat kamu kunjungi sebagai eco travel seperti gunung, kawasan wisata alam, pantai, serta pedesaan. Mendukung perekonomian warga lokal merupakan salah satu cara untuk menjadi eco travel. Warga lokal memiliki keahlian untuk membuat kerajinan tangan yang kemudian dijual sebagai mata pencarian mereka. Ketika kita membantu untuk membelinya berarti kita mendukung perekonomian warga setempat. Selain itu, eco travel yang memahami kondisi alam sekitar dengan tidak memakan fauna yang dilindungi untuk menjaga kelestarian alam.

Dengan menjadi eco travel yang dapat berdampak positif bagi lingkungan sekitar, akan membuat destinasi wisata tersebut memiliki kelestarian alam yang terjaga dan menyadarkan wisatawan lain yang akan berkunjung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode