Search
Generic filters
Exact matches only

Belang dan Menawan – Kuda Zebra

0
6 months ago

Siapa yang tak mengenal zebra? Semua tentu mengenal hewan belang – belang yang satu ini. Sekilas memang sangat terlihat mirip sekali dengan kuda. Yang membedakan kuda dengan zebra adalah kuda dapat dijinakan oleh manusia namun zebra tidak. Hal tersebut dapat dibuktikan dari sifat agresif zebra yang lebih menonjol dibanding kuda yang bisa dijinakkan. Hewan dengan identitas (Kingdom Animalia, Filum Chordata, Kelas Mamalia, Ordo Perissodactyla, Famili Equidae, Genus Equus) ini adalah hewan herbivora pemakan dedaunan dan rerumputan. Habitat asli hewan ini adalah di savana yang tersebar di Afrika Selatan, Afrika Barat, dan Afrika Timur. Savana adalah padang rumput yang terletak di daerah dekat Khatulistiwa, ditandai dengan vegetasi yang didominasi oleh rerumputan dan semak, namun diselingi oleh pepohonan.

Banyak yang mengira bahwa warna dasar hewan ini adalah putih dengan corak belang berwarna hitam. Namun faktanya adalah terbalik. Warna dasar tubuh zebra adalah hitam dan putih adalah corak dari hewan tersebut. Belang-belang pada tubuh zebra dapat membantu sistem pertahanan zebra terhadap predator, karena corak belang tersebut memiliki warna disruptif yang mampu mengelabui keberadaan zebra dari predator. Di dunia aslinya, zebra memiliki predator antara lainnya singa, macan, harimau dan hewan buas lainnya seperti hyena. Tentunya banyak yang bertanya – tanya bagaimana sih suara asli zebra?. Ternyata zebra dapat mengeluarkan beberapa suara aneh dan unik. Zebra gunung memiliki suara meringkik seperti kuda, sedangkan suara meringkik zebra grevy cenderung mirip keledai. Hal unik lainnya, zebra dataran bisa mengeluarkan suara menyalak seperti anjing. Hal itu dikarenakan terdapat tiga jenis zebra yaitu zebra gunung (Equus zebra), zebra dataran (Equus quagga) dan zebra primitif (Equus grevyi). Ketiga spesies ini dapat berlari sangat kencang yakni 60 km per jam.

Corak kulitnya yang unik dan fantastis yakni belang-belang membuat hewan ini sering menjadi incaran dalam perburuan liar oleh manusia yang tidak bertanggung jawab. Tentu saja yang nantinya kulit dari hewan ini bisa dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan tas, jaket, dompet, ikat pinggang, pakaian seperti jaket, kaos dan celana. Bahkan ada juga yang menjadikan kulit zebra sebagai media dasar untuk unsur keindahan pada hiasan dinding. Perburuan liar zebra dan penebangan lahan hutan  yang sangat marak di Afrika membuat populasi hewan ini sangatlah terancam, sehingga hewan ini dikategorikan sebagai hewan yang dilindungi di seluruh dunia. Yuk mari, kita sebagai manusia milenial masa kini memiliki tugas untuk tetap menjaga kelestarian hewan ini, agar nantinya anak dan cucu kita dapat selalu mengenal hewan ini secara langsung, bukan hanya dari cerita dongeng atau film fantasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode