Search
Generic filters
Exact matches only

Belanja Online, Tetap Harus Waspada Dengan Covid19

0
8 months ago

Per 29 Maret 2020 sudah tercatat 1285 kasus yang positif COVID19. Pemerintah semakin menggencarkan social distancing dan menghimbau masyarakat untuk tidak keluar rumah. Jumlah kasus yang terus meningkat setiap harinya membuat beberapa masyarakat berbelanja bahan makanan dan kebutuhan rumah tangga yang lain melalui online. Hal ini bertujuan untuk menghindari kemungkinan tertular virus dari pembeli lain saat berbelanja di supermarket atau pasar.

Akan tetapi, masyarakat juga diharapkan tetap waspada ketika berbelanja online. Meskipun kemungkinannya sangat kecil tetapi virus bisa saja menempel pada paket yang dibawa oleh kurir karena hingga saat ini belum diketahui secara jelas masa hidup virus tersebut. Oleh karena itu, diperlukan beberapa tindakan untuk mengantisipasi agar kita bisa terhindar dari virus yang mungkin terbawa di paket tersebut. Berikut adalah tindakan-tindakan guna mengantisipasinya.

  • Jangan menerima paket langsung dari kurir.

Saat menerima paket usahakan berjaga jarak dengan kurir. Menurut WHO setidaknya satu meter dari satu sama lain. Alangkah lebih baik jika tidak menerima tangan ke tangan. Jadi sebaiknya siapkan meja atau kursi di depan rumah agar kurir bisa meletakkan paket di meja atau kursi tersebut.

  • ┬áJangan menggunakan pembayaran cash.

Usahakan untuk menggunakan pembayaran elektronik karena uang merupakan salah satu benda yang paling banyak terdapat bakteri dan kuman serta yang sering berpindah dari tangan satu ke tangan yang lainnya. Bisa jadi uang yang digunakan untuk bertransaksi adalah carrier virus tersebut.

  • ┬áSemprot paket menggunakan disinfektan secara menyeluruh.

Sebelum membuka paketnya, lebih baik semprotkan disinfektan secara menyeluruh pada paket. Paket pasti telah berpindah dari tangan satu ke tangan yang lain saat dikemas hingga diantar oleh kurir. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir adanya virus atau memperpendek masa hidup virus yang kemungkinan terdapat pada paket.

  • Cuci tangan menggunakan sabun.

Setelah itu sebaiknya cucilah tangan menggunakan sabun secara menyeluruh dengan air yang mengalir. Jika isi paket adalah barang yang memungkinkan untuk dicuci maka sebaiknya dicuci dulu sebelum digunakan. Jika tidak, sebaiknya dibersihkan menggunakan tisu basah.

Tindakan-tindakan di atas diharapkan bisa meminimalisir penyebaran virus COVID19 yang terus menggerogoti kesehatan masyarakat Indonesia maupun dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode