Search
Generic filters
Exact matches only

Benarkah Generasi Muda Kita Konsumtif?

0
7 months ago

Perkembangan jaman yang semakin pesat di era globalisasi yang menciptakan gaya hidup baru terutama bagi generasi muda. Generasi muda dalam kemahirannya menggunakan teknologi membuat mereka menggunakan internet untuk melakukan segala jenis transaksi, dari transportasi, membeli makanan, jalan-jalan, hingga berbelanja pakaian dan kebutuhan sehari-hari. Kemudahan ini membuat batasan kebutuhan dan keinginan menjadi samar yang membuat seseorang terutama generasi muda jatuh dalam pola hidup konsumtif.

Pola hidup konsumtif ini sangat mengerikan karena tidak peduli sebesar apa penghasilan seseorang tetap saja terasa tidak cukup. Bagaimana cukup jika baru membeli sesuatu sudah tergoda untuk memberi barang lain yang sebenarnya tidak dibutuhkan? Pola hidup ini juga membuat seseorang tidak berpikir ketika berbelanja. Mereka hanya ingin menghabiskan lebih banyak uang dan lebih banyak lagi.

Internet dan globalisasi membuat belanja menjadi jauh lebih mudah dari sebelumnya. Bahkan kita dapat membeli barang dari negara lain tanpa perlu beranjak dari tempat tidur. Ini tentu membuat seseorang semakin mudah untuk terjebak dalam pola hidup konsumtif bahkan tanpa mereka sadari. Ditambah lagi internet mengumpulkan data dan informasi dari setiap pencarian sehingga iklan yang muncul selalu disesuaikan dengan preferensi pengguna. Bayangkan setiap kali mengakses internet maka hal pertama yang dilihat adalah barang yang diinginkan atau yang pernah dicari. Ini tentu akan mempengaruhi alam bawah sadar seseorang.

Ini alasan mengapa generasi milenial cenderung memiliki pola hidup konsumtif. Alasan lain juga karena ada iklan produk yang terdapat di media sosial lebih lagi jika produk tersebut di endorse oleh para idola generasi muda sehingga mereka menjadi pribadiĀ  yang mudah sekali terpengaruh untuk membeli produk tersebut. Pengaruh dari komunitas pertemanan dapat membuat mereka merasa tertekan untuk ikut membeli barang-barang tertentu jika teman-teman di dalam komunitasnya juga menggunakan atau memiliki barang tersebut.

NamunĀ  generasi muda harus mulai memikirkan pengeluarannya selama jangka panjang dan manajemen keuangan yang lebih baik. Jangan mudah untuk terpengaruh dalam membelanjakan uang, lihatlah kebutuhan menjadi prioritas utama dan keinginan menjadi nomor dua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode