Search
Generic filters
Exact matches only

Benarkah Makan Banyak Telur Menyebabkan Bisulan?

0
6 months ago

“Jangan kebanyakan makan telur, nanti bisulan, lho”

Mungkin bagi sebagian orang sudah tidak asing dengan larangan tersebut. Namun, apakah larangan tersebut benar? Benarkah telur bisa menyebabkan bisul? Mitos kesehatan yang satu ini memang cukup dikenal dari generasi ke generasi. Padahal jika diketahui lebih lanjut telur merupakan makanan sehat yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh. Menurut ahli gizi, di dalam satu butir telur mengandung vitamin A, vitamin K, vitamin D, vitamin E, vitamin B2, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B12, asam folat, fosfor, selenium, kalsium, dan seng.

Wah, ada banyak sekali kandungan gizi dan vitamin di dalam sebutir telur. Lalu apakah yang sebenarnya menjadi penyebab bisul?

Penyebab utama bisul adalah bakteri Staphylococcus aureus yang hidup di kulit, di dalam hidung, dan tenggorokan. Jika kulit terluka karena tergores atau tertusuk dapat membuat bakteri lebih mudah masuk kedalam tubuh dan menginfeksi kulit disekitarnya. Bisul terjadinya karena adanya infeksi bakteri Staphylococcus aureus pada kulit yang menyerang folikel rambut atau kelenjar minyak di bawah kulit. Kemunculan bisul ditandai dengan timbulnya benjolan nyeri yang memiliki mata bisul atau nanah pada ujungnya dan kemerahan di sekitar area bisul. Biasanya bisul akan muncul di area kulit berambut yang rentan berkeringat atau sering mengalami gesekan seperti punggung, leher, ketiak, bokong, atau selangkangan.

Lalu apa hubungannya telur dengan bisul?

Tidak ada. Seperti yang telah dijelaskan, bisul disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus bukan karena terlalu banyak mengkonsumsi telur. Namun, yang perlu diperhatikan adalah telur merupakan salah satu makanan yang tergolong makanan yang sering menimbulkan alergi. Biasanya alergi dirasakan beberapa saat setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung zat alergen (zat pemicu alergi). Gejala akibat alergi makanan bisa dirasakan berupa bengkak dan gatal pada bibir maupun lidah, muntah, bahkan diare. Saat alergi menyerang, eksim yang diakibatkan dari alergi dapat menimbulkan infeksi oleh bakteri penyebab bisul.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode