Search
Generic filters
Exact matches only

Beragam Kuliner Serambi Mekah dari Manis, Gurih, Asam Hingga Pedas Yang Pasti Menggugah Selera

0
6 months ago

Nanggroe Aceh Darussalam atau yang lebih dikenal dengan Aceh merupakan salah satu provinsi Indonesia yang terletak di ujung barat negara Indonesia dan berada di sebelah utara pulau Sumatra. Daerah yang terkenal dengan sebutan serambi mekah ini mempunyai macam-macam kuliner yang lezat dan bikin ngiler. Berikut adalah beberapa kuliner khas Aceh yang lezat dan bikin ngiler.

  • Mie Aceh

Mie Aceh merupakan kuliner Aceh yang sudah banyak ditemukan di beberapa kota-kota besar di Indonesia. Ciri khas mie Aceh adalah memiliki topping ‘mewah’ seperti udang, kepiting, cumi, hingga daging sapi. Selain itu, mie Aceh mempunyai ciri khas memiliki rasa rempah-rempah yang kuat. Sedangkan untuk persamaan dengan mie yang lain, mie aceh juga memiliki dua varian penyajian, yaitu dengan kuah atau goreng.

  • Eungkot Keumamah

Eungkot Keumamah atau dalam bahasa Indonesia disebut ikan kayu karena ikan tuna yang merupakan bahan baku pembuatan kuliner ini diproses sedemikian rupa hingga membuat tekstur ikan menjadi keras seperti kayu. Pada zaman penjajahan dulu, kuliner ini pun dijadikan menu andalan untuk para pejuang Aceh karena bisa bertahan lama.

  • Kue Adee

Kue Adee atau bingkang memiliki dua varian bahan dasar, yaitu tepung terigu dan singkong.  Kue ini pun memiliki tekstur yang lembut dan memiliki rasa yang manis. Meskipun banyak toko oleh-oleh di Aceh yang sudah menjajakan kue ini, tetapi kue ini paling banyak ditemui di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh.

  •  Kue Timpan

Kue tradisional Aceh ini berbahan dasar ketan dan pisang raja yang dicampur jadi satu dan diisi dengan parutan kelapa atau srikaya. Selain pisang raja, campuran bahan dasar bisa diganti dengan labu. Kue ini biasanya disajikan sebagai menu utama saat Hari Raya tiba karena rasanya yang manis dan memiliki aroma yang legit sangat cocok dijadikan sebagai kudapan Hari Raya.

  • Sie Reuboh

Makanan yang disebut kuliner legendaris asal Aceh ini terbilang cukup sederhana penampilannya karena hanya terdiri dari potongan daging sapi rebus dengan kuah minyak coklat kemerahan. Tetapi jangan salah, meskipun tampilannya sederhana ia memiliki cita rasa yang beragam, seperti pedas, asam, dan gurih membuat setiap orang yang menyantapnya menjadi ketagihan. Sie Reuboh disebut kuliner legendaris karena dahulu kala pada masa penjajahan, penduduk setempat selalu berpindah tempat untuk menghindari musuh dan mereka menjadikan kuliner ini untuk bekal dan dibawa dalam keadaan beku. Ketika akan dimakan maka mereka akan memanaskannya di atas bara api.

  • Eungkot Masam Keu-eung

Kuliner yang memiliki ciri khas dengan rasa asam dan pedas berbahan dasar ikan. Ikan yang digunakan biasanya adalah ikan laut, seperti ikan kakap, bawal, cakalang, kapok, dan manyung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode