Beraneka Ragam Burung dari Berbagai Benua Bisa Dijumpai di Pulau Ini

0 6 months ago

Selain terkenal dengan wisata Kampung Baduy dan Ujung Kulon, Banten juga terkenal dengan wisata alamnya. Gerbang Pulau Jawa untuk Sumatera ini memiliki beragam wisata alam yang sangat memanjakan mata, seperti Pulau Burung. Pulau Burung atau Pulau Dua merupakan cagar alam seluas 30 hektar dan berlokasi di lepas pantai Banten tepatnya di Kelurahan Sawah Luhur, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Dari pusat Kota Serang hanya berjarak 30 km saja.. Pada zaman Kesultanan Banten pulau ini masih terpisah oleh perairan dangkal, namun siapa sangka lambat laun pulau ini telah menyatu dengan daratan akibat pendangkalan perairan tersebut.

Di pulau ini akan banyak dijumpai berbagai jenis burung dari berbagai benua. Burung-burung dari lain berdatangan ke pulau ini untuk menghindari cuaca dingin yang sedang terjadi di daerahnya dan ada beberapa burung yang kembali lagi ke benuanya serta ada yang tetap tinggal meskipun cuaca di benuanya sudah tidak dingin.  Ada kurang lebih 14 ribu jenis burung di pulau ini, mulai dari Cangak, Bangau, Elang Jawa, Belibis, Kuntul, Pecuk Padi, Roko-roko, Koak dan yang lainnya. Selain burung, juga ada hewan lain seperti kucing liar, biawak, ular sanca, lutung dan siamang di pulau ini. Di sana juga terdapat menara pandang untuk mengamati burung-burung. Oleh karena itu, tidak heran bahwa pulau ini diberi nama Pulau Burung karena memang menjadi kawasan konservasi burung.

Selain karena berbagai macam jenis burung yang mendiami pulau, ada keindahan lain yang dipamerkan oleh pulau ini, seperti hutan bakau yang tumbuh secara lebat, ketapang, kepuh, cangkring, api-api, dan pace pun ada di sana, serta keindahan alam bawah lautnya yang dipenuhi dengan gugusan karang dan berbagai macam jenis ikan. Namun, tidak semua orang diperbolehkan mengunjungi pulau ini. Untuk mengunjungi pulau ini, seseorang harus memiliki surat izin terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *