Search
Generic filters
Exact matches only

Beraneka Ragam Kain Berlapis Emas dari Palembang

0
6 months ago

Indonesia memiliki beragam suku bangsa membuat semakin beragam pula adat istiadat dan kebudayaan yang ada di Indonesia. Adat istiadat dan kebudayaan tersebut menjadi ciri khas pada setiap daerah di Indonesia. Salah satunya adalah kain songket yang merupakan warisan dari para leluhur. Hampir semua wilayah di Indonesia memiliki kain ini meskipun masing-masing wilayah memiliki ciri khas kain tenun yang berbeda-beda. Salah satunya adalah songket Palembang warisan budaya dari Sumatera Selatan. Songket ini pun ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia pada tahun 2013. Konon songket Palembang telah dikenal sejak masa Kerajaan Sriwijaya dan Kesultanan Palembang Darussalam. Emas hasil kekayaan kerajaan tersebut dibawa oleh para pedagang dari  China, India, Siam, dan Vietnam ke negaranya masing-masing untuk diolah menjadi benang emas, kemudian dibawa kembali ke Indonesia untuk ditenun sehingga menghasilkan kain songket. Maka tidak heran pada masa itu, penduduk asli Palembang memiliki usaha sambilan, yaitu membuat songket. Pada masa itu, orang yang berhak memakai songket adalah raja, sultan, atau kerabat kerajaan saja, hal ini dikarenakan harganya yang mahal.

Songket Palembang sebenarnya bukan hanya sekedar kain yang difungsikan sebagai pelindung tubuh, namun memiliki fungsi dan makna sesuai dengan motif yang tergambar dalam kain songket. Berikut adalah jenis songket Palembang.

  •  Songket Lepus

Songket ini merupakan songket pertama dari Palembang dan hanya diperuntukan untuk kaum bangsawan. Songket Lepus pun memiliki tiga motif yang berbeda, seperti Lepus Berekam, Lepus Berantai, dan Lepus Penuh. Persamaan dari ketiga motif tersebut adalah sama-sama tertutupi oleh anyaman benang emas.

  • Songket Tretes

Banyak motif songket tretes yang menyerupai songket lepus, namun ada perbedaan yang paling mendasar, yaitu benang yang digunakan. Songket tretes menggunakan benang katun walaupun berwarna emas. Selain itu, biasanya motif songket tretes hanya terdapat pada pangkal ujung songket saja.

  • Songket Tawur

Songket ini memiliki motif yang berkelompok-kelompok dan letaknya menyebar seperti bertaburan. Songket ini memiliki tiga jenis, yaitu songket nampan perak, songket tabur lintang, dan songket tampak magis.

  • Songket Limar

Songket limar memiliki ciri khas berwarna-warni. Benang sutera yang digunakan harus dicelup dulu ke dalam pewarna.

  • Songket Bungo

Songket ini dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan penggunaan benang, yaitu songket bungo emas dan songket bungo pacik. Songket bungo emas menggunakan benang emas dan biasanya dipakai oleh masyarakat Palembang keturunan Tionghoa. Sedangkan songket bungo pacik menggunakan benang kapas dan biasanya dipakai oleh masyarakat Palembang yang keturunan Arab.

  • Songket Rumpak

Motif songket ini hampir sama seperti songket tretes, namun biasanya digunakan oleh laki-laki saat menjalankan proses pernikahan. Akan tetapi, songket ini sudah memiliki dasar motif kotak-kotak seperti kain sarung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode