Search
Generic filters
Exact matches only

Berbagai Jenis Jerawat yang Harus Kamu Ketahui

0
6 months ago

Siapa yang memiliki masalah sama jerawat? Ya, masalah kulit yang satu ini seringkali membuat banyak orang terganggu karena umumnya kemunculan di wajah akan mengganggu penampilan dan terkadang terasa nyeri. Jerawat juga bisa meninggalkan bekas luka yang pastinya akan mengganggu penampilan.

Kemunculan jerawat ditandai dengan berminyaknya kulit wajah, munculnya bintik kecil, dan komedo. Sebenarnya jerawat bisa timbul di berbagai area selain wajah seperti di pundak, punggung, dada, dan leher. Namun yang seringkali membuat orang-orang terganggu adalah kemunculan wajah di jerawat.

Sebelum memutuskan untuk melakukan perawatan jerawat, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis jerawat. Apakah salah satu jenis jerawat di bawah ini adalah jerawat yang sedang kamu alami?

Kistik. Jerawat satu ini disebut juga dengan jerawat batu yang terjadi karena adanya penyumbatan pori-pori oleh sel kulit mati yang dibarengi dengan infeksi bakteri. Infeksi yang terjadi menyebabkan peradangan lebih lanjut di dalam lapisan kulit. Kemunculan jerawat ini ditandai dengan munculnya benjolan merah besar bertekstur lunak karena berisi nanah, dan terasa sakit ketika disentuh.

Nodul. Nodul merupakan jenis jerawat yang terbentuk di bawah kulit dan bisa menimbulkan rasa sakit. Dari bentuknya nodul hampir menyerupai papula, tapi jerawat nodul lebih dalam dan besar dan tidak memiliki puncakan berisi nanah. Awalnya jerawat nodul berkembang dari pori-pori yang tersumbat kemudian terinfeksi bakteri. Kemudian infeksi tersebut masuk ke bawah permukaan kulit hingga merusak jaringan dan sel-sel di bawahnya sehingga membuat jerawat jadi memerah dan membengkak.

Blackhead. Jenis jerawat ini biasa disebut komedo hitam atau komedo tertutup. Komedo hitam muncul karena folikel rambut pada pori-pori yang terbuka tersumbat oleh sebum dan sel-sel kulit mati. Kemunculan jerawat ini ditandai dengan adanya benjolan-benjolan kecil berwarna hitam di permukaan kulit wajah, tidak menimbulkan rasa sakit atau kemerahan pada kulit, dan tidak menyebabkan peradangan.

Whitehead. Jenis jerawat ini biasa disebut komedo tertutup. Jerawat ini muncul karena adanya penyumbatan pori-pori oleh sebum dan sel kulit mati. Pada jerawat whitehead penyumbatan menutupi seluruh permukaan teratas pori dan terlihat seperti benjolan kecil putih.

Papula. Jerawat papula akan muncul ketika whitehead atau blackhead dibiarkan sampai memicu iritasi parah yang dapat merusak kulit disekitarnya. Kerusakan yang terjadi menyebabkan peradangan pada kulit sehingga menjadi papula. Jenis jerawat ini muncul di bawah permukaan kulit, saat diraba berupa tonjolan padat dan terasa nyeri, area sekitar tonjolan juga terlihat bengkak dan kemerahan, dan tidak memiliki titik nanah pada puncakan benjolannya.

Pustula. Jenis jerawat ini muncul karena adanya bakteri yang menginfeksi pori-pori yang tersumbat. Kemunculannya ditandai dengan adanya benjolan yang lebih besar dan lunak, bagian dasar berwarna kemerahan, dan puncaknya berwarna putih atau kekuningan dan lebih terangkat karena berisi nanah. Nanah terbentuk ketika sel imun sedang bekerja melawan infeksi.

Conglobata. Jerawat yang satu ini bisa dibilang jerawat yang paling parah karena ada banyak benjolan nodul yang meradang dan saling terhubung dengan nodul-nodul lain di bawah lapisan permukaan kulit.

Sudah tahu berbagai jenis jerawat bukan? Setelah mengetahuinya, anda dapat menyesuaikan perawatan yang cocok untuk mengobati jerawat dan membuat jerawat pergi dari kulit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode