Search
Generic filters
Exact matches only

Berbagai Macam Seni Bela Diri yang Pasti Belum Pernah Kamu Tau!

0
8 months ago

Olahraga bela diri atau seni bela diri merupakan salah satu jenis olahraga yang sudah ada lama sejak dulu. Masing-masing daerah dan wilayah di berbagai negara memiliki seni bela dirinya masing-masing yang khas dan unik dari segi teknik dan gerakannya. Seni bela diri ini sendiri diciptakan untuk mempertahankan dan menyelamatkan diri.

Kalian pasti familiar dengan seni bela diri populer seperti Karate, taekwondo, tinju, gulat, dan Kung Fu bukan? Selain seni bela diri tersebut, masih banyak lho seni bela diri lainnya yang pasti kalian belum pernah dengar! Buat yang belum tau, nih berbagai macam seni bela diri lain yang harus kalian tau!

  1. Pencak Silat

Kalau ini mah kalian pasti sudah tau. Seni bela diri pencak silat ini merupakan seni bela diri tradisional yang berasal dari tanah air kita, Indonesia. Seni bela diri ini sudah mendunia dan bahkan sangat dikenal luas di wilaya Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, dan Filipina. Selain itu pencak silat juga merupakan 1 dari 10 warisan budaya tak benda dunia UNESCO!

Di Indonesia sendiri pencak silat memiliki berbagai aliran. Di Jawa Barat aliran pencak silatnya aliran cimande, Jawa Tengah aliran merpati putih, dan di Jawa Timur aliran pencak silatnya perisai diri.

  1. Muay Thai

Selain di Indonesia, ada seni bela diri asal Asia Tenggara juga yang telah mendunia, yaitu Muay Thai. Seni bela diri Muay Thai berasal dari Thailand. Nama Muay Thai itu sendiri berasal dari nama suku yang pernah hidup di Thailand. Muay Thai sudah ada sejak satu abad yang dan sama seperti pencak silat di Indonesia, Muay Thai menjadi cabang olahraga nasional di Thailand.

Muay Thai memiliki gerakan khas, yaitu berupa sikutan dan tendangan. Seni bela diri ini mengandalkan delapan titik tubuh yang terdiri dari dua telapak tangan, sikut, kaki dan lutut.

  1. Krav Maga

Krav Maga adalah seni bela diri yang berasal dari Israel. Nama Krav Maga berasal dari bahasa Ibrani yang berarti pertarungan kontak atau sentuhan. Prinsip dari seni bela diri ini adalah netralisasi ancaman secara maksimum. Gerakan khas seni bela diri ini menekankan pada kekuatan tangan kosong yang disesuaikan dengan kondisi dunia nyata.

Kita bisa menyelamatkan diri tanpa mengandalkan senjata khusus sekaligus melumpuhkan lawan dan meminimalisasi luka dengan melakukan gerakan seni bela diri ini.

  1. Sambo

Sambo, yang merupakan singkatan dari SAMozashchita Bez Oruzhiya, yang jika secara harfiah diterjemahkan menjadi “bela diri tanpa senjata” adalah seni bela diri asli yang berasal dari negeri beruang merah, Rusia. Terdapat berbagai gabungan unsur bela diri lain yang ada pada Sambo, diantaranya adalah gulat, judo, jiu jitsu, tinju, dan beberapa teknik gulat tradisional seperti Armenian Kokh, Georgian Chidaoba, Romanian Trinta, Tatar Korsa, Uzbek Kurash, Mongolian Khapsagay dan Azerbaijani Gulesh.

Seni bela diri ini dikembangkan pada tahun 1920-an oleh Tentara Merah Soviet untuk melatih kemampuan bertarung dengan tangan kosong. Walaupun seni bela diri ini berasal dari Eropa, uniknya seni bela diri ini justru pertama kali dipopulerkan dalam laga Asian Games.

  1. Kurash

Seni bela diri Kurash yang berasal dari Uzbekistas ini gerakannya cukup unik lho! Gerakan Kurash mirip banget sama yang ada pada seni bela diri judo dan gulat. Bedanya adalah kurash hanya boleh mempraktikkan bantingan atas dengan tangan tanpa bantingan bawah ataupun penggunaan kaki. Olahraga ini pertama kalinya muncul secara internasional di Asian Indoor and Martial Arts Games pada tahun 2005 di Bangkok, Thailand. Oiya, seni bela diri ini juga telah hadir lho pada gelaran Asian Games di Jakarta-Palembang 2018 lalu.

  1. Ninjutsu

Iya, kalian nggak salah baca. Ninjutsu, yang merupakan salah satu jurus di kartun Naruto ini beneran ada seni bela dirinya di dunia nyata! Bahkan nih ya, ninjutsu yang ada di Naruto ini mengambil referensi dari ninjutsu yang ada di dunia nyata.

Seni bela diri ini lebih banyak digunakan oleh mata-mata negara Jepang pada jaman dahulu kala, mata-mata ini bisa disebut juga dengan “Ninja”. Keahlian utama yang ditekankan dalam keahlian ninja sendiri bukanlah membunuh musuh yang ada di depan mata tetapi untuk menyusup ke area musuh tanpa suara dan tanpa diketahui oleh pihak musuh itu sendiri. Para ninja tersebut justru cenderung untuk menghindari peperangan dengan musuh.

Ninjutsu atau teknik pergerakan yang sunyi tanpa suara ini gerakannya bisa berupa sebuah tendangan, serangan, lemparan, dan patahan terhadap musuh yang dihadapi. Dan untuk pertahanan diri dari sebuah serangan musuhnya adalah seperti melakukan teknik bantingan berputar dan teknik bertahan yang lain untuk bertahan dari serangan musuh terhadap tubuh. Ninjutsu lebih mengajarkan teknik-teknik untuk melakukan serangan diam-diam, sabotase area musuh, melakukan mata- mata terhadap musuh, dan melumpuhkan lawan secara sunyi dengan cepat tanpa diketahui oleh siapapun.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode