Search
Generic filters
Exact matches only

Berbagai Tipe Premenstrual Syndrome yang Dialami Para Wanita

0
6 months ago

Saat menjelang menjelang menstruasi, biasanya wanita akan merasakan rasa tidak nyaman pada tubuhnya. Hal tersebut disebut dengan Premenstrual Syndrome atau yang lebih dikenal dengan PMS. PMS merupakan kumpulan gejala-gejala baik fisik maupun emosional yang dirasakan wanita satu atau dua minggu menjelang haid atau menstruasi.

Sindrom pra-menstruasi ini biasanya mulai dengan berbagai gejala seperti kram perut, payudara terasa nyeri, sakit kepala, dan mood swing. PMS terjadi karena adanya perubahan hormon pada awal siklus menstruasi.

Ada beberapa tipe PMS yang perlu kita ketahui. Diantaranya:

PMS Anxiety (tipe A). Tipe PMS yang satu ini yang biasanya paling banyak dialami sekitar 70% wanita. Pada PMS tipe anxiety akan merasakan gejala-gejala seperti tingginya kecemasan, sensitive, saraf tegang, emosi yang tidak stabil, dan mudah marah. Hal ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan hormon. Hormon yang dimaksud adalah hormon estrogen lebih tinggi daripada hormon progesterone.

PMS Hyperhydration (tipe H). Tipe PMS yang satu ini memiliki gejala adanya pembengkakan tangan dan kaki, perut terasa kembung, nyeri pada payudara, dan berat badan meningkat. Pembengkakan terjadi karena berkumpulnya air pada jaringan di luar sel karena tingginya asupan garam atau gula dalam tubuh.

PMS Craving (tipe C). Tipe PMS craving memiliki gejala sering munculnya rasa lapar dan ingin mengkonsumsi makanan yang masih dan mengandung karbohidrat sederhana. Kondisi ini terjadi karena tingginya kadar insulin selama separuh siklus haid.

PMS Depression (tipe D). Tipe PMS yang satu ini akan ditandai dengan gejala rasa depresi, ingin menangis, lemah, pelupa, bingung, dan mengalami gangguan tidur. Hal ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan hormon seperti yang terjadi pada PMS anxiety. Namun yang berbeda adalah kadar hormon progesteron yang lebih tinggi dari hormon estrogen.

Itulah beberapa tipe PMS yang perlu kita ketahui. Dengan mengetahui tipe PMS, kita dapat mengantisipasi dan mengurangi gejala-gejala PMS yang mungkin membuat tidak nyaman dan mengganggu aktifitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode