Search
Generic filters
Exact matches only

Berhenti Membersihkan Telinga dengan Menggunakan Cotton Buds

0
8 months ago

Secara natural telinga akan menghasilkan serumen atau yang kita sebut kotoran telinga. Serumen dihasilkan oleh kelenjar minyak yang terdapat di saluran telinga dan berfungsi untuk membersihkan telinga dari debu, kuman serta mencegah benda asing masuk ke dalam telinga. Serumen juga berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri di saluran telinga dan menjaga telinga dari infeksi yang mungkin disebabkan oleh bakteri.

Selama serumen yang ada di telinga masih dalam jumlah normal, telinga tidak perlu dibersihkan karena dapat keluar dengan sendirinya. Tulang daerah terlinga akan menghasilkan gerakan sensorik yang akan mengeluarkan kotoran dari telinga. Contoh gerakan sensorik terjadi pada saat kita mengunyah dan menelan. Tetapi terkadang kotoran tersebut justru menumpuk dan menganggu fungsi pendengaran kita.

Kotoran telinga yang menumpuk terkadang menjadi sebuah gangguan sehingga mendorong orang untuk mengeluarkan atau membersihkannya. Metode pembersihan telinga yang umum adalah dengan menggunakan cotton buds. Menurut studi yang dipublikasikan The Journal of Pediatrics pada Mei 2017 menyebutkan penggunaan cotton buds untuk membersihkan telinga tidak disarankan karena membawa resiko cedera pada telinga. Alat tersebut dinyatakan sebagai pemicu ribuan anak di Amerika Serikat dilarikan ke rumah sakit.

Saat kita membersihkan telinga dengan cotton buds, ada kemungkinan kotoran tidak bisa keluar dan terdorong semakin dalam ke gendang telinga. Kotoran tersebut dapat memberikan tekanan pada kulit gendang telinga sehingga gendang telinga tidak dapat bergerak dengan baik. Cotton buds dapat digunakan jika kita mengetahui jenis kotoran telinga kita dan hanya boleh ⅓ telinga bagian luar. Normalnya kotoran yang lunak berupa cairan berwarna kekuningan dapat dibersihkan dengan cotton buds. Namun, jika kotoran telinga berwarna kehitaman, padat, dan keras, hindari penggunaan cotton buds untuk membersihkan.

Cara lain untuk membersihkan kotoran telinga bisa dengan datang ke dokter spesialis THT untuk melakukan pembersihan. Cara lain menggunakan obat tetes telinga untuk melembutkan kotoran di dalam telinga sehingga lebih mudah keluar. Jangan menggunakan lilin telinga karena tidak terbukti efektif dan justru akan menyebabkan cedera, seperti terbakar dan adanya penyumbatan saluran telinga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode