Search
Generic filters
Exact matches only

Berita Buruk Covid-19, Hati-hati dengan Gangguan Mental

0
7 months ago

Pada tanggal 15 April 2020 sudah terkonfirmasi 4839 kasus positif COVID-19 di Indonesia. Pandemi COVID-19 semakin meluas dan masih terus berlangsung hingga saat ini membuat pemerintah menghimbau bahkan mewajibkan semua orang tetap berada di dalam rumah dan tidak boleh keluar rumah bila tidak ada keperluan yang mendesak.

Meskipun di rumah tapi orang-orang tetap bisa memperoleh berita mengenai wabah ini dengan mudah. Berita yang beredar pun bermacam-macam, ada yang baik maupun buruk. Ketika berita yang disajikan di media kebanyakan hanya membahas mengenai wabah ini saja tiap harinya, mau tak mau seseorang akan menonton, mendengarkan, atau membaca mengenai perkembangan wabah ini setiap hari dan akan menjadi berita yang dikonsumsi secara rutin.

Menurut para ahli yang dilansir dari Very Well Mind, mengkonsumsi berita yang berlebihan dapat berdampak pada kesehatan fisik, emosi, dan mental. Wabah COVID-19 terbukti membuat stres bagi kebanyakan orang. Selama wabah yang menyebabkan penyakit menular ini terus berkembang, stres yang dialami orang-orang bisa mencakup perubahan pola tidur, pola makan, memburuknya kondisi kesehatan mental, dan kekhawatiran mengenai hal-hal yang belum terjadi.

Mengkonsumsi berita dapat mengaktifkan sistem saraf simpatik yang menyebabkan tubuh melepaskan hormon stres. Kemudian ketika krisis terjadi seseorang lebih sering mengalami respons stres ini. Beberapa gejala fisik mungkin sering muncul, seperti kelelahan, kecemasan, depresi, dan sulit tidur. Efek negatif pada jiwa ini ditunjukkan dalam sebuah penelitian, yang menemukan bahwa orang-orang yang menonton berita negatif dibandingkan dengan mereka yang menonton berita positif atau netral, akan menghasilkan peningkatan suasana cemas dan sedih hanya setelah 14 menit.

Oleh karena itu, agar kejiwaan tetap stabil tetapi tetap bisa memperoleh informasi, WHO merekomendasikan mengkonsumsi berita COVID-19 tentang bagaimana dapat mengambil langkah-langkah untuk melindungi diri dan keluarga dari wabah itu. Setelah memiliki informasi itu sebaiknya melakukan aktivitas yang lain dan tidak mencari-cari berita lain yang dapat menuntun ke pemberitaan-pemberitaan negatif mengenai wabah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode