Search
Generic filters
Exact matches only

Berkebun Olahraga Sederhana yang Menyehatkan

0
8 months ago

#StayHome yang sudah berlangsung dalam tiga minggu pasti membuat masyarakat menjadi jenuh. Pembatasan bahkan larangan mengadakan kegiatan yang dilakukan di luar rumah membuat beberapa orang yang terbiasa bepergian menjadi bosan bahkan stres. COVID-19 benar-benar memaksa masyarakat untuk melakukan tindakan tersebut, #StayHome, demi keamanan diri sendiri dan orang lain. Lalu bagaimana caranya agar tidak jenuh dan tetap menikmati meskipun segala aktivitas dilakukan di rumah? Salah satunya adalah dengan berkebun. Berinteraksi dengan alam melalui berkebun dapat membantu meningkatkan energi positif dalam tubuh menurut para peneliti yang dipimpin oleh seorang ilmuwan dari India.

Pada penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa berkebun dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis dan kesejahteraan secara fisik. Penelitian yang diterbitkan oleh Jurnal Ecopsychology ini, melibatkan 84 tukang kebun dari London Utara dan menemukan semakin lama waktu yang dihabiskan para tukang kebun untuk berkebun semakin besar energi positif yang mereka dapatkan di dalam tubuh.

Selain itu, menurut salah satu profesor di City University London berkebun dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan manusia, seperti dapat menurunkan berat badan, mencegah kepikunan bagi lansia, meningkatkan produktivitas kerja, menurunkan tingkat depresi, mencegah datangnya penyakit, meningkatkan imunitas tubuh. Begitu banyaknya manfaat berkebun bagi tubuh dan kegiatan ini bisa dijadikan salah satu alternatif untuk selingan rutinitas selama #StayHome.

Akan tetapi, bagi masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan yang biasanya minim lahan untuk berkebun, bagaimana caranya agar tetap bisa melakukan kegiatan ini? Solusinya adalah dengan menggunakan hidroponik atau teknik menanam tanpa penggunaan tanah dan bisa menggantinya menggunakan arang sekam. Tanaman yang dibudidaya dengan menggunakan teknik ini biasanya ditanam di dalam ruangan yang biasa disebut dengan screen house.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode