Search
Generic filters
Exact matches only

Berkenalan dengan Penyakit Mata Ikan

0
7 months ago

Penyakit mata ikan sama sekali tidak ada hubungannya dengan mata seekor ikan. Penyakit mata ikan merupakan gangguan yang dikenal dengan istilah clavus. Gangguan pada kulit ini terjadi karena adanya penebalan akibat adanya tekanan dan gesekan yang terjadi berulang kali di area kulit yang sama. Sebenarnya ini merupakan reaksi alami tubuh agar kulit di bagian itu tidak mengalami kerusakan. Mata ikan dapat terjadi di seluruh bagian tubuh tetapi paling sering timbul di bagian tangan, kaki dan jari.

Beberapa pemicu mata ikan adalah karena pemakaian sepatu. Menggunakan sepatu yang terlalu sempit atau terlalu longgar akan meningkatkan tekanan dan gesekan pada area kaki. Begitu juga dengan sering berjalan atau berlalu terlalu lama. Tidak menggunakan kaus kaki juga dapat menjadi penyebab munculnya mata ikan. Untuk bagian tangan biasanya mata ikan disebabkan tidak menggunakan sarung tangan saat melakukan aktivitas dengan tingkat gesekan tinggi.

Mata ikan bisa terjadi karena pemakaian sepatu yang terlalu sempit dan terlalu longgar karena akan menimbulkan tekanan dan gesekan pada area kaki. Berjalan atau berlari terlalu sering dan lama, tidak menggunakan kaus kaki saat mengenakan sepatu, tidak mengenakan sarung tangan saat menggunakan alat yang digerakkan berulang dengan tangan dapat menyebabkan munculnya mata ikan.

Terdapat tiga jenis mata ikan. Pertama, mata ikan keras yang sering terjadi dan timbul di bagian kulit yang langsung bersentuhan dengan tulang. Kedua, mata ikan lunak yang biasa terjadi di bagian kulit yang lembab seperti di sela-sela jari. Ketiga, mata ikan kecil, seperti namanya, mata ikan kecil ini berukuran lebih kecil dari jenis mata ikan lainnya. Umumnya mata ikan jenis ini muncul di bagian bawah kaki.

Mata ikan sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya dan tidak memerlukan pengobatan jika gejala-gejala yang dirasakan tidak mengganggu aktivitas. Untuk mengatasi mata ikan, bisa dilakukan perawatan mandiri dengan menutupi bagian yang terkena mata ikan dengan kapas, busa atau plester agar terlindung dari tekanan dan gesekan. Olesi mata ikan dengan krim yang mengandung asam salisilat agar kulit yang menebal bisa cepat mengelupas. Jika mata ikan tidak kunjung sembuh, maka diperlukan penanganan medis. Penanganan medis yang umumnya dilakukan oleh dokter diantaranya dengan melakukan penipisan lapisan kulit yang menebal dengan pisau, menggunakan obat-obatan penghilang mata ikan dan kapalan dan pengangkatan mata ikan melalui operasi kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode