Search
Generic filters
Exact matches only

Blankon, distro Linux buatan Indonesia

0
6 months ago

Siapa yang belum tahu tentang distro Linux bernama Blankon? Ya seperti yang kita ketahui bahwa Linux merupakan sistem operasi yang open source sehingga memungkinkan untuk para developer membuat distro sistem operasi yang mereka inginkan. Tidak terkecuali blank. Blankon merupakan distro Linux yang dikembangkan oleh yayasan penggerak Linux indonesia atau YPLI, ya Blankon merupakan distro Linux buatan anak bangsa Indonesia.

Nama Blankon terinspirasi dari nama penutup kepala yang ada di salah satu suku di Indonesia salah satunya suku jawa, dengan diberikannya nama tersebut maka Blankon diharapkan menjadi pelindung dari ketergantungan sistem operasi yang tidak open source. Blankon dikembangkan secara terbuka supaya menghasilkan distro Linux yang khas dengan Indonesia dan di khususkan untuk dunia pendidikan, perkantoran sampai dengan pemerintahan. Selain itu, Blankon memiliki versi khusus untuk versi islami bernama Blankon sajadah.

Blankon memiliki beberapa kelebihan yaitu cukup ringan untuk dijalankan dengan minimal hard disk yang tersedia yaitu 6 GB, selain itu Blankon bisa digunakan secara gratis tanpa harus membayar untuk menggunakan Blankon dan yang tidak kalah penting adalah aplikasi yang ada di Blankon cukup lengkap sehingga tidak perlu melakukan instalasi aplikasi lain karena di Blankon sudah cukup lengkap seperti untuk kebutuh media desain grafis, pengetikan untuk dokumen dan koneksi internet. Kelebihan lainnya yaitu tersedia adanya panduan untuk pengguna Linux pemuda dari cara pemasangan, perintah dasar, pengolah kata, dan lainnya.

Namun Blankon juga masih memiliki beberapa kekurangan seperti man page yang digunakan Linux maupun Unix memiliki manual page tidak muncul di Blankon, kemudian tidak bisa dikostumisasi untuk tampilan menu utama menjadi salah satu kekurangan Blankon. Itulah penjelasan singkat tentang distro Linux yang dikembangkan oleh anak bangsa yaitu Blankon, semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode