Search
Generic filters
Exact matches only

Buah Dengan Kadar Antioksidan Tinggi – Manggis

0
5 months ago

Kalian tentu tahu bahwa banyak masyarakat Indonesia menyukai buah manggis. Buah manggis diyakini berasal dari Indonesia ini memiliki rasa asam sekaligus sedikit manis. Cara penyajiannya cukup mudah, manggis disantap dalam keadaan matang dengan membelah dua kulitnya dengan hati-hati sehingga bisa dikeluarkan isinya. Tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Garcinia mangostana L ini adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari Semenanjung Malaya dan menyebar ke Kepulauan Nusantara. Tumbuh hingga mencapai 7 sampai 25 meter. Buahnya juga disebut manggis, berwarna merah keunguan ketika matang, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah.

Selain enak dikonsumsi, manggis juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Manggis memang bukan buah yang mengandung antioksidan paling tinggi. Namun manggis memiliki antioksidan yang cukup tinggi. Manggis juga mengandung polifenol, sehingga mampu menangkal berbagai radiasi bebas. Polifenol yang dimiliki manggis juga mampu membantu menyembuhkan segala macam penyakit. Beberapa diantaranya adalah mencegah penyakit Alzheimer karena mengandung mengandung Xanthone, untuk mencegah diabetes karena manggis mampu mengelola dan menjaga kadar gula darah dalam tubuh, membantu menurunkan tekanan darah tinggi, mampu sebagai anti aging karena mengandung antioksidan dan kandungan xanthone yang sangat tinggi, mengobati masalah menstruasi, menurunkan berat badan, mencegah diare, meringankan penyakit asma.

 

Semua bagian buah manggis, tidak hanya dagingnya saja, melainkan juga kulitnya bisa digunakan untuk berbagai pengobatan penyakit. Buah manggis terkenal dengan ekstrak kulit manggis sebagai bahan utama. Kulitnya memang sudah dikenal akan kandungan nutrisi yang tinggi. Manfaat kulit manggis untuk kesehatan dan kecantikan dipengaruhi oleh kandungan nutrisi yang dimilikinya. Ekstrak kulit manggis juga kaya akan kandungan antioksidan, vitamin, mineral, hingga asam amino, senyawa xanthone yang sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dari vitamin C dan E. Hal tersebut tentunya membuat manfaat kulit manggis menjadi semakin populer dikonsumsi sebagai obat herbal. Kulit manggis yang tidak bisa langsung dimakan begitu saja membuatnya lebih banyak dijual dalam bentuk pil atau kapsul. Pil atau kapsul inilah yang berguna untuk obat mencegah resiko kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengontrol gula darah, menyehatkan tulang dan mata, membuang racun atau toxin dalam tubuh, untuk perawatan kulit karena dapat mencegah penuaan dini, mengatasi jerawat, dan mencerahkan kulit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode