Search
Generic filters
Exact matches only

Buah Yang Kaya Vitamin C dan – Jambu Biji Merah

0
6 months ago

Pada saat kalian menduduki bangku Sekolah dasar, jika ditanya oleh guru SD kalian “buah apakah yang memiliki vitamin C paling tinggi?”. Tidak sedikit dari kalian pasti menjawab buah jeruk. Memang tak sepenuhnya salah, jeruk adalah salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Namun jawaban yang terlebih tepat adalah buah jambu biji merah. Karena faktanya buah yang mengandung vitamin C paling tinggi adalah buah jambu biji. Kandungan vitamin C dalam jambu biji merah adalah sebesar 206 mg, lebih tinggi dibandingkan dengan buah jeruk yang mengandung vitamin C sebesar 59-83 mg per satu buahnya. Cukup jauh bukan perbandingannya? 1 berbanding 4. Selain vitamin C, jambu biji merah juga mengandung banyak serat. Kandungan serat dalam buah ini ini juga melebihi kandungan serat yang dimiliki oleh jeruk.

Mengapa kebanyakan dokter selalu menyarankan kalian untuk selalu rutin memakan buah yang mengandung vitamin C setiap harinya?. Karena Vitamin C merupakan salah satu vitamin penting yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel dalam tulang, gigi, kulit, dan jaringan lainnya. Selain itu, vitamin C juga mempunyai peran lain, seperti membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari sumber makanan nabati, membantu mencegah kerusakan sel sehingga dapat mengurangi risiko penyakit kanker, dan juga dapat melindungi tubuh Anda dari berbagai infeksi karena vitamin C dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Kandungan yang terdapat pada buah jambu biji merah pun sangat terkenal dengan khasiatnya sebagai buah yang baik untuk penderita demam berdarah. Karena fungsinya yang penting ini, maka tak heran tubuh kita membutuhkan banyak asupan vitamin C dan gizi dari buah ini. Salah satu sumber vitamin C adalah buah-buahan namun tidak hanya jambu biji dan jeruk, masih banyak lagi buah yang mengandung vitamin C seperti halnya kiwi dan anggur. Kalian dapat mengkonsumsi buah ini secara langsung maupun di jus, namun jangan lupa untuk menyaring biji nya yang begitu banyak dan kecil tersebut terlebih dahulu, karena untuk mencegah terjadinya pengendapan biji pada usus yang dapat menimbulkan usus buntu.

Tidak hanya buahnya, daun jambu biji merah pun memiliki banyak kandungan yang bermanfaat. Beberapa kandungan yang terdapat pada daun jambu biji antara lain saponin, flavanoid, polifenol, alkaloid, karoten, steroid, kuinon, antioksidan, minyak atsiri, dan tannin. Daun jambu juga memiliki sifat analgesik, anti-inflamasi, antimikroba dan antioksidan yang membantu menyembuhkan masalah kecantikan kulit dan rambut. Kandungan pada ekstrak daun jambu biji memiliki manfaat menurunkan kolesterol, diabetes, menjaga kesehatan kulit, mencegah kanker, mencegah diare, mengatasi obesitas, dan menyembuh rasa gatal pada kulit. Oleh karena memiliki begitu banyak manfaat, tidak heran apabila tumbuhan jambu biji merah memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode